Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ananias Yalak, DPO Pembunuh Staf KPU Ditangkap Satgas Nemangkawi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 02 September 2021, 12:53 WIB
Ananias Yalak, DPO Pembunuh Staf KPU Ditangkap Satgas Nemangkawi
Ananias Yalak alias Senat Soll saat mendapat perawatan intensif lantaran kakiknya dihadiahi timah panas personel Satgas/Ist
rmol news logo Menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua Oktober mendatang, personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi melakukan sweeping guna menciptakan kondisi keamanan yang kondusif, termasuk operasi perburuan Daftar Pencarian Orang atau DPO.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes AM Kamal menyampaikan, dalam operasi sweeping dan pengejeran DPO tersebut, Satgas Nemangkawi berhasil menangkap Ananias Yalak alias Senat Soll yang merupakan pelaku pembunuhan staf KPU Kabupaten Dekai, Hendry Jovinsky. Selain Ananias, dua orang DPO juga berhasil ditangkap.

"Kali ini satgas berhasil menangkap DPO 3 laporan Polisi, atas nama Ananias Yalak Alias Senat Soll di Jalan Samaru Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Kamis, 2 September 2021 pukul 05.30 WIT,” kata Kamal kepada wartawan di Jakarta, Kamis siang (2/9).

Saat itu, Kamal menjelaskan, staf KPU Dekai, Hendry Jovinsky usai menjenguk temannya untuk mengantarkan obat dihadang oleh Ananias bersama Temius Magayang (DPO) di jembatan kali teh atau jembatan kecil kali brazza, Dekai pada 11 Agustus 2020. Hendry Jovinsky akhirnya tewas usai ditikam parang oleh Ananias. 

Dikatakan Kamal, personel Satgas yang dibantu oleh Polres Yahukomo sempat menghadiahi timah panas ke kaki kanan Ananias Yalak lantaran coba melawan saat ingin diamankan. Saat penggerebekan Ananias, di jalan Samaru distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, tim Satgas tutut membawa lima orang lainnya yang berada di rumah yakni Pilas Matuan, Apius tabla, Mekison, Sapuk Asso dan Abert Matuan.

Memang kejam dan brutal Ananias Yalak ini, dari catatan kejahatan di Kepolisian, Ananias yang merupakan mantan anggota TNI itu memiliki rekam jejak yang cukup kelam antara lain melakukan pembakaran ATM Bank BRI Cabang Dekai, Yahukimo pada November 2019 dan melakukan pembunuhan terhadap masyarakat swasta pada 30 Agustus 2020 lalu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA