Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Termasuk Suku Jawa, Polri Jamin Keamanan Seluruh Warga Di Papua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 03 Mei 2021, 11:32 WIB
Termasuk Suku Jawa, Polri Jamin Keamanan Seluruh Warga Di Papua
Organiasi Papua Merdeka (OPM)/Net
rmol news logo Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) meminta agar seluruh warga yang tinggal di Papua termasuk suku Jawa tidak khawatir dengan ancaman-ancaman serta keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

KKB, pasca di labeli sebagai teroris muncul respon dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan mengumbar ancaman bakal menyerang warga sipil, khususnya masyarakat Jawa yang menetap di Papua.

"Masyarakat (Jawa) di Papua tak perlu khawatir dengan keberadaan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata)," kata Argo kepada wartawan di Jakarta, Senin (3/5).

Argo menekankan, seluruh personel TNI-Polri yang bertugas di Papua ditugaskan untuk memastikan keamanan warga dari serangan kelompok-kelompok yang menganggu selama ini di Bumi Cendrawasih itu. Pengamanan itu akan dilakukan terhadap setiap warga, tanpa memandang identitas ataupun asal daerah masyarakat yang menetap di Papua.

"TNI-Polri akan menjaga dan mengawal warganya dalam bingkai NKRI di tanah Papua," tekan Argo.

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merespon pelabelan teroris terhadap KKB Papua dengan melakukan kampanye yang menyasar anggota militer dan orang-orang Jawa di Papua.

"Jika Indonesia melanjutkan teror dan genosida terhadap penduduk sipil Papua Barat (seperti yang telah terjadi hampir 60 tahun) dan komunitas internasional tidak ikut campur, TPNPB-OPM akan mengumumkan kampanye untuk memusnahkan tidak hanya anggota militer ilegal yang menduduki Papua, tetapi juga orang Jawa ilegal dan pemukim lainnya yang mencuri tanah adat dan sumber daya orang Papua Barat," demikian keterangan Amatus Akouboo Douw, Dewan Diplomatik TPNPB-OPM yang berbasis di Australia. Keterangan tersebut diteruskan oleh Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom Minggu (2/5).rmol news logo article


EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA