Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Mulai Gunakan Virtual Police Untuk Redam Kekisruhan Di Dunia Maya, Ini Tugasnya...

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 23 Februari 2021, 07:49 WIB
Polisi Mulai Gunakan <i>Virtual Police</i> Untuk Redam Kekisruhan Di Dunia Maya, Ini Tugasnya...
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
rmol news logo Penyidik Polri harus mengedepankan upaya preemtif dan preventif dalam menangani kasus pelaporan yang berkaitan dengan UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Upaya preemtif adalah memberikan konsultasi terhadap obyek pemeriksaan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Sementara preventif adalah pencegahan terhadap suatu masalah.

Hal itu sebagaimana termaktub dalam Surat Edaran Kapolri bernomor SE/2/11/2021, yang diterbitkan dalam rangka mewujudkan ruang digital Indonesia yang bersih, sehat, dan produktif, Jumat lalu (19/2).

“Mengedepankan upaya preemtif dan preventif melalui virtual police dan virtual alert yang bertujuan untuk memonitor, mengedukasi, memberikan peringatan, serta mencegah masyarakat dari potensi tindak pidana siber,” bunyi pedoman yang harus diikuti penyidik dalam SE tersebut.

Penyidik juga diharuskan mengikuti perkembangan pemanfaatan ruang digital yang terus berkembang dengan segala macam persoalannya.

Selain itu, juga harus memahami budaya beretika yang terjadi di ruang digital dengan menginventarisir berbagai permasalahan dan dampak yang terjadi di masyarakat.

“Dalam menerima laporan dari masyarakat, penyidik harus dapat dengan tegas membedakan antara kritik, masukan, hoaks, dan pencemaran nama baik yang dapat dipidana untuk selanjutnya menentukan langkah yang akan diambil,” demikian bunyi SE tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA