Farah.ID
Farah.ID

Di Sleman, Panglima TNI Dan Kapolri Cek Kesiapan Posko PPKM Mikro Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/mega-simarmata-1'>MEGA SIMARMATA</a>
LAPORAN: MEGA SIMARMATA
  • Jumat, 19 Februari 2021, 13:54 WIB
Di Sleman, Panglima TNI Dan Kapolri Cek Kesiapan Posko PPKM Mikro Covid-19
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
rmol news logo Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengunjungi posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Covid-19, di Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Jumat (19/2).

Kunjungan ini dalam rangka mengecek lebih lanjut kesiapan posko-posko PPKM Mikro di Yogyakarta.

Marsekal Hadi mengatakan, posko gabungan atau terpadu tersebut terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Linmas, hingga Dinkes.

Menurutnya, sistem yang sudah ada selama ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Penilaian itu juga termasuk untuk pelaksanaan 3T (Tracing, Testing, Treatment). Tracing dilakukan dengan cepat hingga penanganan saat didapatkan kongak erat dari yang bersangkutan.

"Selesai pemeriksaan nanti akan diisolasi baik secara terpadu atau isolasi mandiri. Kemudian dukungan logistik pun berjalan dengan lancar," kata Marsekal Hadi kepada awak media di Kantor Kalurahan Maguwoharjo.

Disampaikan Hadi, saat ini dari 206 RT di Kalurahan Maguwoharjo, hanya terdapat 15 RT yang masuk dalam zona kuning. Sementara untuk RT yang masuk dalam zona merah tidak ada.

"Kita semua optimis semua RT akan masuk zona hijau semua apabila kita melaksanakan tugas bersama-sama seperti yang saat ini kita laksanakan, sehingga program kita melaksanakan pelacakan dan pembatasan sosial yang dilaksanakan sesuai dengan PPKM skala mikro untuk desa Maguwoharjo ini berjalan sesuai dengan keinginan kita semua," tuturnya.

Senada, Jenderal Listyo menuturkan bahwa dari penyampaian yang sudah dijelaskan oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X secara umum, hasilnya sangat signifikan.

Artinya, saat ini sudah banyak terjadi perubahan dari zonasi Covid-19.

"Apabila kita lihat dari data yang ada memang hasilnya sangat signifikan artinya bagaimana perubahan dari zona merah yang tadi dilaporkan banyak sudah terjadi penurunan. Sekarang kemudian menjadi warna kuning dan banyak yang bertambah warna hijau" ungkap Kapolri.

Menurutnya, positivity rate pun ikut menurun. Walaupun memang masih dilaporkan ada kasus yang meninggal malah meningkat, tapi itu lebih disebabkan dalam posisi komorbid atau yang bersangkutan memiliki penyakit penyerta.

Jenderal Listyo menilai bahwa secara umum PPKM Mikro yang ada di Jogja berjalan dengan baik.

Hal itu juga dibuktikan dengan uji sampel dari Kalurahan Maguwoharjo, mulai dari aspek SDM hingga logistik kelengkapan posko sudah lengkap. rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA