Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mempelajari Jari

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Kamis, 24 September 2020, 21:48 WIB
Mempelajari Jari
Ilustrasi jari/Net
DI masa PSBB, kita punya banyak waktu untuk mempelajari apa saja di sekitar kita mau pun yang berada pada tubuh kita sendiri.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti misalnya jari-jemari di tangan saya yang memungkinkan saya menekan tombol-tombol laptop untuk menulis dan mengirimkan naskah ini ke redaksi media yang kini sedang anda baca ini.

Jari Jemari

Jari tangan merupakan alat menghitung pertama dalam sejarah peradaban umat manusia. Meski pun gamitan yang berada di tengah bisa dimainkan bersama yang paling kanan dan yang paling kiri pada alat musik yang disebut sebagai pianoforte dengan menggunakan hidung namun pada lazimnya pianoforte dimainkan dengan menggunakan lima jari tangan kanan dan lima jari tangan kiri.

Tidak diketahui mengenai kenapa jumlah jari pada setiap tangan manusia lazimnya lima bukan enam atau empat namun dapat diketahui bahwa lima jari tangan terdiri dari ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking. Tidak jelas kenapa jika ada ibu jari tetapi tidak ada ayah jari. Juga tidak ada kakek atau nenek jari.

Ibu jari berperan penting dalam bahasa isyarat sebagai ungkapan suatu yang hebat, bagus, pendek kata jempolan.

Di dalam teknik main piano, ibu jari berperan sebagai tumpuan untuk indah posisi jari jemari ke arah lain. Ibu jari kanan tumpuan untuk pindah ke arah kanan, ibu jari kiri ke arah kiri. Kuku Pancanaka Bima dan Anoman berada pada ibu jari.

Menurut Stephen Jay Gould, panda memiliki enam jari karena memiliki dua ibu jari yang memiliki makna evolusioner tersendiri. Manusia menggaruk dengan jari tangan sementara anjing dengan jari kaki belakang.

Jika saya tidak nakal, ibu saya tersenyum sambil mengacungkan dua ibu jarinya. Jika saya nakal, ibu saya melotot sambil mengacungkan cukup satu jari kelingkingnya

Falang

Konstruksi jari manusia terdiri dari ligamen yang merekat tulang jari, tendon dan 3 tulang jari alias falang. Tidak ada otot pada jari yang digerakkan oleh tendon yang digerakkan oleh otot lengan depan.

Tulang terdekat dengan telapak tangan disebut sebagai falang proksimal, yang di tengah disebut falang tengah, yang terkecil serta terjauh dari telapak tangan adalah falang distal.

Ibu jari tidak memiliki falang tengah maka terdiri dari falang proksimal dan falang distal saja.

Berdasar pengalaman saya sebagai pianis, jari manis adalah jari paling sulit digerakkan di antara lima jari.

Robert Schumann mengalami kerusakan pada jari manis akibat memaksakan latihan jari untuk memperkuat jari manis yang tidak bisa dipaksa untuk menjadi sekuat jari telunjuk dan jari tengah.

Di masa remaja, akibat pengalaman bermain piano saya pernah menjadi juara lomba adu cepat mengetik dengan sepuluh jari. Namun setelah menerima hadiah lomba tersebut, saya lebih suka mengetik mesin ketik dan kini laptop dengan dua jari  saja. Yaitu kedua jari telunjuk yang saya miliki.

Jari Manis

Tidak jelas dari mana predikat manis diperoleh oleh jari yang terletak di antara kelingking dan jari tengah. Setiap kali saya coba ternyata sama sekali tidak ada rasa manis pada jari manis.
Juga tidak jelas mengenai sejarah jari manis sebagai jari yang paling sering diberi cincin. Sementara ibu jari paling jarang bercincin padahal para ibu gemar cincin apalagi yang berhias permata.
Jari telunjuk memperoleh namanya sebab manusia cenderung menggunakannya untuk menunjuk-nunjuk di samping membersihkan lubang hidung.

Tidak jelas siapa yang merekayasa peraturan dalam permainan adu jari di mana ibu jari mengalahkan jari telunjuk namun dikalahkan jari kelingking yang dikalahkan jari telunjuk.

Sementara jari manis dan jari tengah tidak dilibatkan. Di masyarakat Barat, menunjukkan jari tengah adalah isyarat penghinaan jorok. rmol news logo article

Penulis sadar bahwa makin banyak belajar makin sadar bahwa masih amat terlalu sangat amat banyak perihal di dunia fana ini yang belum dipelajari

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA