Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Evolusi Makna Gegara Corona

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Selasa, 09 Juni 2020, 18:59 WIB
Evolusi Makna Gegara Corona
Topeng Bali/Net
Sebelum pageblug Corona, mengenakan masker merupakan perilaku terkesan lebih asosial ketimbang sosial.

Bahkan beberapa negara sempat melarang cadar akibat kekuatiran bahwa masker disalahgunakan oleh kaum kriminal untuk menutupi wajah ketika merampok bahkan dikuatirkan akan mempermudah terorisme yang dilakukan oleh kaum teroris.

Padahal tidak semua teroris memakai masker ketika melakukan angkara murka. Sementara pada kenyataan masker tidak selalu digunakan dalam fungsi negatif apalagi destruktif.

Kesehatan


Di dunia pelayanan kesehatan terutama pada bidang bedah dan kedokteran gigi serta penanganan penyakit menular, masker hukumnya wajib digunakan oleh para dokter dan perawat.

Perawatan bayi juga lazim menggunakan masker bukan demi kepentingan sang bayi namun sang dokter dan perawat.

Jenis masker di dunia medis beranekaragam mulai dari yang paling sederhana sampai ke paling sofistikatis tergantung pada kebutuhan, para petugas pusat tenaga nuklir wajib memakai masker bahkan alat pelindung untuk seluruh tubuh sama halnya dengan para astronot ketika berada di angkasa luar.

Para peneliti virus penyebab penyakit menular juga hanya bisa bertahan hidup apabila memakai masker.

Kebudayaan

Olahraga selam dan anggar mustahil dilaksanakan tanpa masker. Para pelaku olahraga gulat hiburan kerap mempopulerkan diri dengan sengaja menggunakan masker agar terkesan misterius dan seram.

Di bidang kesenian, masker tampil dalam bentuk topeng. Seni topeng hadir di seni teater, seni film, seni tari dan seni rupa.

Film Mask memperoleh Oscar untuk make-up terbaik yang berhasil merombak wajah Eric Stoltz menjadi penderita craniodiaphyseal dysplacia alias lionitis.

Sementara Jim Carrey sukses berperan utama dalam film The Mask tentang sebuah masker ajaib menyakti-mandragunakan manusia yang mengenakannya menjadi sejenis superhero. Bahkan film The Mask disusul dengan film The Son of Mask meski selanjutnya belum ada The Grandson of Mask.

Kesenian


Seni teater Yunani kuno mengutamakan masker sama halnya dengan Noh seni teater tradisional Jepang. Seni teater commedia del'arte didominasi masker. Topeng merupakan jati diri kebudayaan Venezia.

Di dalam seni wayang orang, tokoh Cakil dan para raksasa niscaya menggunakan masker khusus untuk menampilkan bagian mulut sebagai ciri khas bentuk seram masing masing.

Saya tak berhenti takjub atas kreatifitas sang pencipta desain masker Cakil yang seram sekaligus jenaka itu.

Di Bali, jejak kesenian topeng tertua bisa ditemukan pada arca Bhairawa di pura Kebo Edan dan Catur Kaya dari Pejeng yang keduanya memperlihatkan sikap menari dengan menggunakan topeng.

Tokoh pemeran Rangda mutlak membutuhkan masker sebagai ekspresi horror dirinya.

Masker Reog Ponorogo dengan hiasan bulu merak merupakan bentuk topeng terbesar di planet bumi ini.

Kebudayaan Nusantara kayaraya dengan seni tari topeng seperti Tari Hudok Dayak, Topeng Bali, Cirebon , Betawi, Malang, Ireng dll.

Di ranah seni rupa, topeng merupakan bagian hakiki yang secara kodrati psikokultural melekat pada kebudayaan setiap bangsa di marcapada.

Altruisme

Gegara pageblug Corona maka benda yang disebut sebagai masker mengalami peningkatan populatitas secara luar biasa. Telepon selular dan masker menjadi bagian melekat pada masyarakat milenial.

Nyaris segenap umat manusia di planet bumi masa kini memiliki telepon selular dan masker. Pandangan negatif terhadap masker melenyap akibat kesadaran bahwa menggunakan masker bukan saja melindungi diri sendiri namun juga melindungi orang lain dari angkara murka virus Corona.

Gegara Corona, altruisme menggeser egosime untuk menyelinap masuk ke dalam sukma masker.

Dengan menggunakan masker, manusia tidak hanya memikirkan kesehatan diri sendiri namun juga kesehatan orang lain.

Gegara Corona maka masker mengalami evolusi makna berkembang dari sarana kesenian dan sarana kesehatan menjadi sarana peradaban selaras makna adiluhur yang terkandung di dalam sila Kemanusiaan Adil dan Beradab. rmol news logo article

Penulis adalah pembelajar peradaban, dan pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA