Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jabar Harus Jadi Lumbung Bibit Pesepakbola Berkualitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 23 Maret 2019, 18:39 WIB
Jabar Harus Jadi Lumbung Bibit Pesepakbola Berkualitas
Muhammad Farhan/Net
rmol news logo . Sepak bola adalah olahraga yang paling digemari oleh masyarakat. Untuk itu penting bagi semua pihak ikut andil dalam meningkatkan kualitas persepakbolaan di Indonesia. Mulai dari pemain, klub, stadion, hingga event yang menarik.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi, dimana masyarakatnya memiliki kecintaan yang tinggi akan sepak bola. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan mulai dari tingkat bawah untuk dapat menghasilkan bibit-bibit pesepakbola yang berkualitas.

"Bagi saya yang terpenting adalah memastikan Jawa Barat sebagai salah satu lumbung bakat sepak bola terbaik di Indonesia," kata politisi Partai Nasdem, Muhammad Farhan dalam keterangannya, Sabtu (23/3).

Caleg DPR RI dari dapil Jabar I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) itu mengatakan, Persib harus menjadi motor bagi masyarakat dan seluruh stakeholder untuk ikut mengembangkan sepak bola di tanah air. Selain itu, sekolah sepakbola (SSB) di Jabar juga harus menjadi jantung untuk menghasilkan pemain-pemain terbaik. Bukan hanya di tingkat nasional, tapi diharapkan dapat masuk ke kancah internasional.

"Pada saat bersamaan kita juga mendorong Asprov Jabar agar berperan lebih di PSSI," harap Farhan.

Menurutnya, masih ada sejumlah kendala dalam mengembangan sepakbola, baik di tingkat daerah maupun nasional. Salah satunya adalah infrastruktur lapangan. Perlu disiapkan infrastruktur yang baik dan memadai, yang memiliki nilai tambah untuk perkembangan sepakbola, dan manfaat lain bagi masyarakat.

"Infrastruktur lapangan sepakbola yang bagus untuk latihan, pertandingan, dan rekreasi harus terpisah. Harus dibangun oleh pemprov atau pemerintah kabupaten/kota," imbuhnya.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas SDM dari para pelatih dan wasit. "Ini seratus persen tanggungjawab dari PSSI sampai ke asosiasi kota/kabupaten," kata Farhan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum Viking, kelompok pendukung klab sepakbola Persib, Heru Joko. Menurutnya, hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan, mulai dari fasilitas seperti lapangan, sekolah sepakbola, hingga event-event.

Menurutnya, keberadaan SSB di Jabar seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah provinsi. Hal itu, kata dia sejalan dengan Inpres tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional, yang telah dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Jadi itu semestinya bisa diaplikasikan sampai ke tingkat provinsi, kabupaten/kota, bahkan sampai ketingkat bawahnya lagi," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA