ROAD TO SENAYAN

Nihayatul Wafiroh: Tugas DPR Tak Akan Pernah Selesai

Jumat, 28 Desember 2018, 11:41 WIB | Laporan: Sukardjito

Nihayatul Wafiroh/Net

. Naluri aktivisnya membuat Nihayatul Wafiroh tidak bisa meninggalkan dunia advokasi kepada masyarakat. Sampai dengan dirinya menjadi anggota DPR.

"Lima tahun belum cukup untuk mengabdi ke masyarakat. Sebab tugas DPR tak akan pernah selesai," ujar Nihayatul kepada redaksi, sesaat lalu (Jumat, 28/12).

Tahun 2014 lalu, Nihayatul mengikuti pemilihan anggota legislatif, dan berhasil duduk sebagai anggota DPR serta saat ini menjabat Wakil Ketua Komisi II.

Kini, Nihayatul menjadi caleg kembali dari Partai Kebangkitan Bangsa. Daerah pemilihan pun masih sama seperti lima tahun lalu yakni Jawa Timur III yang meliputi wilayah Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo.

Nihayatul mengatakan, dalam pertarungan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 dirasanya tak jauh beda di tahun 2014.

Menurut dia, persaingan antarcalon anggota legislatif di Pemilu 2019 diprediksi akan lebih ketat dan menguras energi.

Kendati demikian, dirinya berprinsip bahwa semua calon yang bertarung memiliki kekuatan yang sama, sehingga dia tak mau meremehkan.

"Semua pasti bergerak. Karena itu saya tak mau meremehkan siapapun," tambah Nihayatul.

Selain itu, sambung Nihayatul, di tahun 2019 ini di mana Pemilu legislatif dan pemilu presiden untuk pertama kalinya digelar serentak bakal menjadi tantangan baru yang harus dihadapi calon anggota legislatif. Khususnya bagi caleg di tingkat nasional.

"Kita masih mencari pola. Selama ini kondisi lapangan kebanyakan caleg yang mengkampanyekan dirinya daripada pasangan capres-cawapres yang diusung partainya," tutup wanita yang pernah berkuliah di University of Hawaii at Manoa (UHM) yang berada di Hawaii, Amerika Serikat dan lulus pada 2009  ini. [jto]
Editor: Sukardjito

Kolom Komentar