Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko PMK Hadiri Penutupan Sidang KTT ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/dede-zaki-mubarok-1'>DEDE ZAKI MUBAROK</a>
LAPORAN: DEDE ZAKI MUBAROK
  • Jumat, 16 November 2018, 23:10 WIB
Menko PMK Hadiri Penutupan Sidang KTT ASEAN
Foto/Kemenko PMK
rmol news logo Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri penutupan Konferensi Tingkat Tinggi ke-33 ASEAN yang berlangsung 13-15 November di Suntec City Convention Centre, Singapura.

Sebelum acara penutupan, para pemimpin negara ASEAN melanjutkan pertemuan dengan pemimpin negara-negara mitra dialog ASEAN seperti India dan Amerika Serikat.

Juga para pemimpin telah melangsungkan dua KTT berupa ASEAN Plus Three Summit (ASEAN-RRT-Republik Korea-Jepang) dan East Asia Summit (ASEAN dengan RRT-Republik Korea-Jepang-India-Australia-Selandia Baru).

Pada hari terakhir diadakan dua pertemuan bilateral secara terpisah antara presiden RI dengan perdana menteri India dan perdana menteri Jepang.  

Menteri Puan menyatakan bahwa rangkaian pertemuan ASEAN dengan para mitra dialog, baik yang dilakukan secara individual dan juga kolektif di Asia Timur, Asia Selatan dan Australia/Selandia Baru dimaksudkan untuk mengkokohkan sentralitas ASEAN di forum internasional. Dan diarahkan untuk menggalang kerja sama yang komprehensif dan mencakup seluruh aspek.

"Langkah kreatif untuk turut mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea sempat dibahas dalam KTT ASEAN ke-33," katanya.

"Pada acara penutupan ini dilakukan serah terima keketuaan ASEAN dari Singapura kepada Thailand. Tema yang akan diusung Thailand selaku tuan rumah ASEAN pada tahun 2019 adalah advancing partnership for sustainability," jelas Menteri Puan. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA