Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kroasia

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Sabtu, 14 Juli 2018, 08:57 WIB
<i>Kroasia</i>
Kolinda Grabar-Kitarović/Net
PERANCIS berhadapan dengan Kroasia pada babak final Piala Dunia di Rusia untuk menentukan siapa Juara Dunia Sepakbola 2018.

Semua orang kenal Perancis tetapi tidak semua orang kenal Kroasia.

Tesla

Secara geografis, Kroasia terletak di benua Eropa diapit lima negara yaitu Slowenia, Hungaria, Serbia, Bosnia-Herzegovina dan Montenegro.

Saya pernah mengunjungi Kroasia dalam perjalanan dari Italia ke Serbia lewat jalan darat dari Milan ke Lubljana lalu singgah di Zagreb sebelum ke Belgrad.

Semula Kroasia termasuk wilayah Kekaisaran Romawi lalu Kerajaan Dinasti Habsburg kemudian Republik Sosialis Federal Yugoslavia sebelum memperoleh kemerdekaan pada tahun 1991.

Meski berusia relatif muda, Republik Kroasia memiliki perbendaharaan warisan kebudayaan cukup meyakinkan sehingga UNESCO menetapkan situs-situs warisan kebudayaan dunia di Komplek Episcopal Euphrasian Basilica di Poreč , kota bersejarah Trogir, Istana Diocletian di Split, kota tua Dubrovnik, Katedral St James di Šibenik, dataran Stari Grad, pulau Hvar, Taman Nasional Danau Plitvice.

Secara pribadi saya mengagumi Kroasia, karena sang mahainvestor yang sebenarnya lebih hebat ketimbang Thomas Alfa Edison yaitu Nikolas Tesla dilahirkan pada tanggal 10 Juli 1856 di desa Smiljan, Kroasia.

Dalam bidang kebudayaan, Jaya Suprana School of Performing Arts menjalin kerjasama pertukaran pianis muda Krosia-Indonesia dengan Akademi Musik Zagreb.

Sepakbola

Setelah kemerdekaan Republik Kroasia, pada tahun 1998 negara yang kini memiliki presiden terseksi di dunia, Kolinda Grabar-Kitarović menduduki peringkat ke tiga Piala Dunia setelah menaklukkan Belanda bahkan penyerang legendaris Kroasia, Davor Suker tercatat sebagai pencetak gol terbanyak pada perhelatan Piala Dunia 1998 di Prancis.

Namun setelah itu prestasi sepakbola Kroasia tidak terlalu gemerlap. Meski kemudian tidak pernah absen ikut berlaga pada Piala Dunia 2002, 2006, 2010, 2014 , Kroasia tidak pernah lolos dari babak awal.

Untuk bisa berlaga di Piala Dunia 2018 di Rusia, Kroasia malah harus bersusah payah. Di babak kualifikasi, Kroasia  6 kali menang namun 2 kali imbang bahkan dua kali kalah.

Kejutan

Maka sudah merupakan kejutan tersendiri bahwa Kroasia berhasil menaklukkan sang Juara Piala Dunia 1966, Inggris pada babak semi final untuk kemudian berhadapan dengan sang Juara Piala Dunia 1998 Perancis pada babak final Piala Dunia 2018.

Untuk menjadi Juara Dunia memang tinggal selangkah lagi bagi Kroasia. Namun mengenai berhasil tidaknya selangkah tersebut membawa Kroasia ke Tahta Singgasana Juara Dunia mutlak ditentukan oleh kehendak Yang Maha Kuasa. [***]

Penulis mendambakan Timnas Indonesia ikut berlaga di Piala Dunia 2022

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA