Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rield Harus Akui Kegagalan Penuhi Target

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 28 November 2014, 23:34 WIB
Rield Harus Akui Kegagalan Penuhi Target
Alfred Riedl/net
rmol news logo . Pengamat sepak bola M. Zein Alhadad tidak sependapat dengan pernyataan pelatih timnas senior Alfred Riedl bahwa kegagalan di Piala AFF 2014 lebih disebabkan karena kompetisi yang buruk dan intervensi dalam pemilihan pemain.

"Kalau Riedl benar-benar mengatakan demikian itu namanya bukan pelatih yang  profesional. Pelatih profesional selalu mengakui kegagalannya. Seharusnya dia akui saja kalau dia sudah gagal memenuhi target yang dicanangkan oleh BTN dan PSSI," jelas Mamak panggilan akrabnya saat dihubungi, Jumat malam (28/11).

Seperti diketahui, Riedl dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi menyebut kegagalan timnas antara lain disebabkan dirinya tidak diberikan wewenang penuh untuk mencari pemain. Bahkan, dia juga menyalahkan kompetisi yang dinilai sangat buruk untuk pemain.

Menurut Mamak, seharusnya Riedl sebagai pelatih profesional secara jantan mengakui kegagalan dengan tidak mencari-cari alasan.

"Dia kan dikontrak untuk meraih gelar juara. Ini lolos ke semifinal saja tidak.," bebernya.

Di sisi lain, Riedl sebagai pelatih juga sudah memiliki komitmen dengan BTN dan PSSI sebelum dikontrak.

"Mengapa tidak dari awal menolak tawaran BTN dan PSSI kalau dia melihat situasi tidak mendukung. Artinya dia bisa tawar-menawar atau meminta PSSI untuk meliburkan kompetisi kalau dinilai persiapan sangat mepet," jelasnya.

Minimal jadwal kompetisi juga disesuaikan dengan jadwal persiapan timnas karena para pemain tidak boleh datang dalam waktu yang sangat mepet.

"Mungkin kita masih ingat saat Ivan Kolev mempersiapkan timnas kita menuju Piala Asia. Ivan meminta PSSI meliburkan kompetisi selama tiga bulan untuk memaksimalkan persiapan timnas. Karena, persiapan dalam menghadapi turnamen besar tidak bisa dilakukan dengan seadanya," pungkas Mamak yang juga asisten pelatih timnas U-23. [why]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA