Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berikut Perubahan Perilaku Masyarakat Pasca BBM Naik

Selasa, 18 November 2014, 07:32 WIB
Berikut Perubahan Perilaku Masyarakat Pasca BBM Naik
ilustrasi/net
SEBELUM pengumuman kenaikan BBM, ternyata para pakar ekonomi telah melakukan berbagai analisa secara jernih dan mendalam mengenai dampak apa saja yang timbul di tengah masyarakat seandainya BBM jadi dinaikkan oleh pemerintah.

Berikut ini adalah beberapa hasil analisa yang berhasil disusun para pakar ekonomi tentang kemungkinan perubahan prilaku masyarakat untuk menyesuaikan diri sesuai dengan situasi keuangannya setelah BBM naik:

Dalam hal perawatan untuk pembersih wajah, menurut hasil analisa pakar, masyarakat pada awal bulan menggunakan merek terkenal, namun memasuki tengah bulan akan menggunakan merek seadanya, dan akhir bulan cukup memakai sabun colek.

Dari segi penggunaan HP, awal bulan masih telpon-telponan, memasuki tengah bulan sms-an, akhir bulan akan nipu orang pakai sms dengan tulisan "ini Mama, mama sekarang lagi di kantor polisi, kirimin mama pulsa".

Kebiasaan makan cemilan atau makanan ringan pun akan mengalami perubahan. Ketika masih awal bulan ngemilnya coklat, masuk tengah bulan wafer, akhir bulan cukup makan kerupuk.

Pada umumnya, awal bulan akan pergi dari mall ke mall, namun tengah bulan perginya dari rumah ke rumah teman, dan akhir bulan cukup duduk di teras depan rumah sambil sarungan.

Untuk cucian, bila awal bulan masih mampu menggunakan Laundry Kiloan, ketika tengah bulan harus mencuci sendiri, dan bila menjelang akhir bulan cukup pakai pakaian Side A-Side B terutama pakaian dalam.

Bagi yang masih pacaran, maka awal bulan masih sanggup nonton di Bioskop XXI, begitu tengah bulan beli dvd bajakan, dan akhir bulan cukup nonton bioskop Trans TV.

Bagi karyawan kantoran, bila awal bulan masih bisa naik mobil roda empat, begitu memasuki tengah bulan cukup naik sepeda motor dengan beli bensin eceran, dan akhir bulan naik sepeda sambil dagang siomay.

Dalam hal makanan, pada umumnya awal bulan masih bisa makan nasi Padang, begitu memasuki tengah bulan nasi kucing, dan akhir bulan nasi aking atau nasi semalam.

Kebiasaan membaca koran pun akan mengalami perubahan. Bila awal bulan masih bisa beli eceran, begitu tengah bulan beli koran hanya hari Minggu saja, dan pada akhir bulan cukup baca koran di mading masjid.

Bagi yang masih pacaran dan biasanya selalu menjemput pacar, maka awal bulan masih bisa naik taksi, tengah bulan jemput pakai motor sambil ngedumel, dan akhir bulan sang pacar akan di sms "Pulang sendiri gih, udah gede ini".

Salam gigit jari! Asem tenan! [***]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA