Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awal yang Baik Jokowi

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/hendri-satrio-5'>HENDRI SATRIO</a>
OLEH: HENDRI SATRIO
  • Selasa, 11 November 2014, 13:43 WIB
Awal yang Baik Jokowi
jokowi/net
BINTANG Jokowi sedang terang. Berbicara pada Forum APEC CEO Summit di Beijing (10/11) Jokowi banjir pujian. Headline surat kabar nasional hari ini mengamini hal tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Secara komunikasi, Jokowi bicara lugas dengan pesan kunci yang tajam. Saat bicara investasi misalnya, Jokowi langsung mengarahkan peserta Summit menuju BKPM untuk urusan yang satu ini. Hal ini membuat semua investor akan masuk Indonesia menuju satu pintu.

Apakah semua itu cukup? Belum! Saat forum APEC Jokowi sukses menempatkan diri sebagai marketers tapi belum dalam kapasitas sebagai pemimpin negara besar.

Memang di awal presentasi Presiden  Jokowi menyampaikan sekilas tentang besarnya Indonesia tapi kurang dalam menjelaskan tentang betapa "besar"nya Indonesia. Jokowi seharusnya dapat mengedepankan kerja sama negara-negara tersebut dengan sumber daya manusia Indonesia.

Tidak masalah Jokowi bicara terbuka tentang keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh negara pemilik lebih dari 17.000 pulau (Jokowi menekankan hal ini 2 kali) ini namun harus diimbangi dengan diplomasi bukan hanya melakukan pemasaran.

Ini awal yang bagus! Masukan dan kritik harus diterima terbuka termasuk saran untuk menggunakan bahasa Indonesia di forum-forum internasional. [***]

Penulis adalah pengamat komunikasi politik. Dapat dihubungi di akun Twitter @satriohendri.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA