Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ramadhan Menjadikan Hidup Makin Optimis

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/muhammad-sulton-fatoni-5'>MUHAMMAD SULTON FATONI</a>
OLEH: MUHAMMAD SULTON FATONI
  • Selasa, 22 Juli 2014, 17:20 WIB
<i>Ramadhan Menjadikan Hidup Makin Optimis</i>
"Bagi setiap muslim, hari-hari Ramadhan itu waktu doa dikabulkan" (al-Bazzar dalam Kasyful Astar)
 
Kementerian Kesehatan melansir bahwa pada 2014 umur harapan hidup masyarakat Indonesia rata-rata mencapai 72 tahun.  Angka harapan hidup itu bisa berarti baik karena menunjukkan perbaikan kualitas kesehatan masyarakat. Bisa juga berarti buruk karena masyarakat yang rentan penyakit makin meningkat. Sementara itu Badan Pusat Statistik mengatakan bahwa Indeks Kebahagiaan masyarakat Indonesia tahun 2013 sebesar 65,11, artinya sudah sangat baik.

Bulan Ramadhan memberi perspektif lain, yaitu menumbuhkan spirit hidup setiap muslim untuk menjadi pribadi yang terus meningkat kualitasnya, baik secara jasmani maupun ruhani. Sudah banyak ulasan pengaruh aktifitas Ramadhan untuk perkembangan fisik manusia. Sedangkan secara ruhani, setidaknya dapat diperhatikan dari beberapa indikator keistimewaan bulan Ramadhan.

Pertama, Spirit peningkatan kuantitas ibadah. Setiap titian hari-hari di bulan Ramadhan hendaknya diikuti dengan peningkatan kuantitas dan kualitas ibadah. Setiap muslim disamping wajib zakat fitrah juga dianjurkan memperbanyak sedekah serta bentuk kepedulian sosial lainnya. Seorang muslim juga dianjurkan memperbanyak membaca al-Qur’an dan laku spiritualitas lainnya. Rasulullah misalnya, memasuki 10 hari akhir Ramadhan mengalokasikan waktu untuk mengajak keluarganya beribadah di malam hari (idza dakhalal asyr ahyal lail).

Kedua, berjuta harapan. Sepanjang bulan Ramadhan setiap muslim dianjurkan untuk banyak berharap kepada Allah Swt (dakwah mustajabah). Etos kerja, mengejar karir, dan bentuk obsesi lainnya perlu diperkuat dengan doa kepada Allah Swt. Ramadhan lah waktu doa-doa dikabulkan. Rasulullah menegaskan bahwa hari-hari Ramadhan adalah waktu doa dikabulkan. Berdoalah untuk kebaikan hidup di dunia untuk orientasi hidup di akhirat.

Ketiga, perbaikan kualitas hidup. Grafik kehidupan manusia bisa naik dan suatu saat menurun. Ramadhan itu momentum untuk melakukan recovery di semua bidang kehidupan. Strategi recovery di bulan Ramadhan tentu spesifik. Rasulullah mengajarkan caranya dengan memohon ampunan dosa (maghfiratudz zdunub), kemanfaatan aktifitas (qabulul ibadah), kebaikan aktivitas (tarkul ma’ashi).

Ajaran Islam di atas untuk setiap muslim yang sedang menjalani puasa Ramadhan. Mengimplementasikan ajaran tersebut akan melahirkan suasana kehidupan yang energik penuh optimisme. Inilah potret harapan hidup muslim Indonesia yang dimotivasi oleh harapan hidup di akhirat. Inilah tingkat kebahagiaan muslim Indonesia yang dimotivasi oleh kebahagiaan hidup di akhirat. Rasulullah mengajarkan, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan di akhirat."

Selamat berpuasa

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA