Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Era Prabowo atau Jokowi?

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/hendri-satrio-5'>HENDRI SATRIO</a>
OLEH: HENDRI SATRIO
  • Rabu, 21 Mei 2014, 17:37 WIB
Era Prabowo atau Jokowi?
net
TAHUN 2014 memang keramat bagi perjalanan sejarah Indonesia. Tahun ini Indonesia akan memiliki presiden baru kedua dari tiga kali pemilihan langsung.

Tahun ini juga agak berbeda dengan 2004 dan 2009 yang dengan mudah kita dapat menebak pemenang kompetisi Capres. Saat itu banyak yang langsung menyebut nama Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden yang menggantikan Megawati.

Tahun ini belum ada yang berani menyebutkan siapa pemenang pilpres antara Prabowo atau Jokowi.

Nama Prabowo sudah didengungkan sebagai capres potensial pengganti SBY sejak lima tahun lalu. Semua infrastruktur disiapkan untuk mendukung salah satu anak begawan ekonomi Indonesia ini. Bahkan koalisinya juga sudah disiapkan yang saat itu menurut rencana didalamnya ada PDIP.

Kekuatan utama sekaligus kekurangan Prabowo ada dipencitraan militer dia yang sangat kuat. Dikenal tegas, cerdas dan nasionalis. Prabowo ingin Indonesia menjadi macan asia sesungguhnya terutama dari sisi kedaulatan bangsa dan ekonomi.

Di sisi lain, ada Joko Widodo yang namanya melambung sejak 2011 berkat isu mobil nasional, Esemka. Sejak saat itu namanya terus dilambungkan media hingga berhasil menjadi Gubernur Jakarta walau akhirnya dia tinggalkan.

Sebagai tren politik, nama Jokowi terus melambung sebagai sosok baru yang fenomenal. Namanya akhirnya dipertaruhkan PDIP untuk maju ke ajang Pilpres 2014, ajang yang belum pernah dimenangkan PDIP.

Jokowi disukai karena dicitrakan sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat, bersih dan patuh terhadap partai pengusungnya.

Komunikasi politik dua capres ini sebetulnya tidak jauh beda. Keduanya banyak mendompleng isu yang beredar di masyarakat. Pencitraan terhadap capres bersih terus mereka tingkatkan.

Untuk mencitrakan sebagai capres bersih, Prabowo dan Jokowi sama-sama gemar menggunakan baju putih selama kampanye Pileg lalu. Prabowo meninggalkan baju hitam dan Jokowi meninggalkan baju kotak-kotak saat berkampanye sebagai Gubernur Jakarta dua tahun lalu.

Saat ini rakyat disuguhkan dua pasangan yang akan menggantikan 10 tahun era SBY.

Pasangan mana yang akan membuat Indonesia lebih baik? Yang jelas saat ini Indonesia akan masuk ke era baru hingga lima tahun ke depan.

Era Prabowo atau Jokowi silahkan anda pilih.[***]

Penulis adalah pengamat Komunikasi Politik. Dapat dihubungi di akun Twitter @satriohendri.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA