Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengapa Prabowo Merasa Mewarisi Semangat dan Cita-cita Bung Karno

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Sabtu, 17 Mei 2014, 02:06 WIB
Mengapa Prabowo Merasa Mewarisi Semangat dan Cita-cita Bung Karno
rachmawati soekarnoputri/prabowo subianto/rmol
rmol news logo Antara tahun 1934 hingga 1938 Bung Karno diasingkan pemerintah kolonial Belanda ke Pulau Ende di NTT. Malam sebelum Bung Karno berangkat ke Ende, ia memanggil salah seorang sahabatnya, Raden Mas Margono Djojohadikusumo.

Dalam pembicaraan itu, Bung Karno meminta agar RM Margono Djojohadikusumo melanjutkan perjuangan merebut kemerdekaan yang sebelumnya dilakukan Partai Nasionalis Indonesia (PNI) dengan membentuk Partai Indonesia Raya (Parindra).

Setelah Bung Karno kembali dari Ende, Margono mengembalikan mandat yang pernah diberikan Bung Karno. Parindra pun dibubarkan, dan PNI kembali dihidupkan.

Kelak, Margono menjadi salah seorang anggota Badan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), lalu menjadi salah seorang pendiri Bank Negara Indonesia dan Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA) pertama.

Prabowo Subianto, cucu Margono Djojohadikusumo, menyampaikan cerita itu ketika mengunjungi kediaman putri Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri, Jumat malam (16/5).

"Karena itulah, kami juga merasa mewarisi semangat dan cita-cita kebangsaan Bung Karno," ujar Prabowo.
Juga karena kisah itu pula, ketika mendirikan partai di tahun 2008, Prabowo hendak menggunakan nama Parindra. Tetapi nama itu ditolak sehingga akhirnya digunakan nama Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra.

"Dan entah bagaimana, pertemuan kita ini bersamaan dengan ulang tahun Kakek saya," kata dia lagi.

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mendampingi Prabowo menambahkan bahwa selain bersamaan dengan hari kelahiran RM Margono, pertemuan Prabowo dan Rachmawati juga bersamaan dengan lima tahun penandatanganan Perjanjian Batu Tulis antara Prabowo dengan Ketua Umum PDIP Megawai Soekarnoputi. [dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA