Mengambil tema "Meningkatkan kualitas dan profesionalisme UMKM Indonesia", kegiatan tersebut dimeriahkan dengan penjualan sedikitnya 30.000 paket sembako murah bagi kalangan yang tidak mampu. Paket sembako dengan kantung plastik berlogo PAN dibagikan dari atas truk yang diparkir di luar gedung.
Di bagian dalam, digelar sedikitnya 200 stan pameran milik para anggota DPR dari Fraksi PAN, jajaran pengurus DPP dan DPW PAN dari seluruh wilayah Indonesia. Selain menyediakan aneka kerajinan daerah dan pakaian, sejumlah stan terlihat menyajikan makanan khas daerah.
Menurut Ketua Badan Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan DPP PAN, Hafizs Tohir, kegiatan Pasar Anak Negeri itu menunjukkan PAN tidak hanya bekerja politik. PAN juga bekerja untuk kegiatan sosial dan pemberdayaan ekonomi rakyat tanpa harus saat mendekati Pemilu.
Dia sekaligus menyarankan pemerintah perlu mendorong keberadaan UMKM hingga mencapai 4 persen dengan berbagai cara karena terbukti gerak UMKM ikut memicu pertumbuhan ekonomi.
"Untuk menjadi negara maju, maka pertumbuhan UMKM harus mencapai sekitar 4 persen," kata Hafizs dalam penjelasan persnya kepada wartawan, Sabtu (28/7).
Dia menambahkan, strategi pembukaan pasar juga ditujukan untuk mendorong UMKM berkualitas nasional menjadi bertaraf internasional. Begitu juga agar Usaha Mikro bisa menjadi usaha kelas menengah.
Kegiatan pasar seperti ini, tambah Hafizs Thohir, rencananya dilakukan PAN tiap tiga bulan sekali di berbagai daerah.
"Kami berencana menyelenggarakan tiga bulan sekali," kata Hafizs.
[ald]
BERITA TERKAIT: