Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pencemaran Lingkungan di Riau

OLEH: WEFNI MULYA SARI*

Rabu, 10 Januari 2024, 19:17 WIB
Pencemaran Lingkungan di Riau
Wefni Mulya Sari/Net
PADA tahun 1848, kelapa sawit pertama diimport dari Belanda (Bourbon, Mauritius, dan Seychelles) ke Indonesia. Dan pada tahun 1919, pabrik kelapa sawit pertama di Indonesia didirikan, dan pada tahun yang sama ekspor minyak sawit (CPO) pertama dijualkan. Dalam beberapa tahun tersebut, Indonesia menjadi produsen CPO terbesar di dunia.

Oleh pemerintah Indonesia, salah satu wiilayah yang dijadikan lokasi penanaman baru, konversi kelapa sawit, modernisasi dan perluasan pabrik pengolahan kelapa sawit adalah Provinsi Riau.

Setidaknya ada beberapa group perusahaan besar dengan status aktif yang terdaftar sebagai perusahaan CPO di Riau, seperti PT Arindo Sejahtera, PT Surya Intaris Raya, PT Subur Arum Makmur, PT Pancasurya Agrindo, dan PT Tunggal Perkasa Plantations.

Selain itu, beberapa perusahaan yang terlibat dalam produksi kelapa sawit dan karet di Riau, seperti PT Sampoerna Agro Tbk. Meskipun tidak secara langsung menghasilkan minyak sawit (CPO), perusahaan ini memiliki pabrik penghancur kernel, produsen benih perkecambahan, dan terlibat dalam pemanfaatan produk kehutanan non-kayu seperti sagu.

Hal ini telah menimbulkan deforestasi dan kerusakan lingkungan. Ekspansi perkebunan kelapa sawit sering kali terkait dengan deforestasi dan kerusakan lingkungan, yang dapat merugikan ekosistem lokal, keanekaragaman hayati, dan sumber daya air.

Pencemaran lingkungan di Riau merupakan masalah serius yang membutuhkan perhatian segera dan tindakan tegas dari pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait. Beberapa isu utama yang perlu diperhatikan dalam konteks ini adalah kebakaran hutan, pencemaran udara, dan dampak negatif terhadap keanekaragaman hayati dan kesehatan manusia.

Kebakaran Hutan dan Kabut Asap

Pencemaran udara akibat kebakaran hutan menjadi masalah yang kronis di Riau, terutama selama musim kemarau. Setidaknya, sejak tahun 2015 dan terjadi berulang di setiap tahunnya, kasus kabut asap terjadi di Riau. Bahkan, kabut asap ini sampai ke negara tetangga, Malaysia.

Kabut asap yang dihasilkan bukan hanya menjadi ancaman terhadap Kesehatan manusia, tetapi juga menyebabkan kerugian ekonomi dan ekologi yang besar. Upaya pencegahan kebakaran hutan dan penegakan hukum yang lebih ketat perlu menjadi prioritas utama.

Industri Perkebunan dan Pabrik

Ekspansi industri perkebunan dan pabrik, terutama kelapa sawit, dapat menjadi penyumbang utama terhadap pencemaran lingkungan. Penggunaan pestisida dan limbah industri sering kali mencemari air dan tanah, mengancam keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Pengawasan yang lebih ketat terhadap praktik-praktik industri, bersama dengan upaya untuk mengadopsi praktik berkelanjutan, sangat diperlukan.

Dampak Terhadap Keanekaragaman Hayati

Pencemaran lingkungan di Riau juga merugikan keanekaragaman hayati. Habitat alamiah terus terancam oleh perubahan lingkungan yang tidak terkendali, mengakibatkan penurunan jumlah spesies dan mengancam kelangsungan ekosistem.

Upaya pelestarian dan restorasi lingkungan harus diintensifkan untuk melindungi flora dan fauna yang unik di daerah ini.

Kesehatan Masyarakat

Pencemaran udara dan air berdampak negative pada Kesehatan masyarakat. Penyakit pernapasan, iritasi mata, dan masalah kesehatan lainnya semakin sering terjadi akibat tingginya tingkat pencemaran. Pemahaman dan edukasi masyarakat tentang dampak kesehatan pencemaran lingkungan, serta penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai, sangat penting.

Pencemaran lingkungan di Riau bukan hanya masalah lokal, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama. Upaya kolaboratif dari pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta diperlukan untuk menghentikan dan mencegah lebih lanjut kerusakan lingkungan.

Langkah-langkah konkret, transparansi, dan akuntabilitas adalah kunci dalam mengatasi masalah ini dan menjaga keberlanjutan lingkungan di Riau.

Solusi jangka panjang untuk mengatasi pencemaran lingkungan di Riau memerlukan partisipasi aktif masyarakat, keterlibatan pihak swasta dan Pemerintah.

Masyarakat perlu didorong untuk menjadi pelaku utama dalam perlindungan lingkungan, pihak swasta harus menerapkan praktik berkelanjutan dan bertanggung jawab secara sosial, sedangkan pemerintah berperan sebagai pengawas dan penyedia payung kebijakan terhadap hal ini.rmol news logo article

*Penulis adalah mahasiswa pascasarjana Universitas Lancang Kuning Riau

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA