Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Transisi Jokowi ke Prabowo Mulus, Dirjen IKP: Layak Dicatat Sejarah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 06 Oktober 2024, 15:19 WIB
Transisi Jokowi ke Prabowo Mulus, Dirjen IKP: Layak Dicatat Sejarah
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Prabu Revolusi/Ist
rmol news logo Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam tiga bulan terakhir mampu menjaga stabilitas politik menjelang transisi menuju pemerintahan berikutnya. 

Langkah-langkah transisi yang dilakukan berjalan mulus dan harmonis ini menunjukkan sinergi antara Jokowi-Ma’ruf Amin dengan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Prabu Revolusi mengatakan, transisi pemerintahan di era Jokowi layak dicatat sebagai bagian dari sejarah politik Indonesia. 

“Tidak mudah membuat transisi pemerintahan selancar Indonesia, apalagi dengan tantangan-tantangan besar seperti perubahan politik global dan ekonomi yang fluktuatif,” kata Prabu dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertema ‘Satu Dekade Memimpin Indonesia, Lebih Dari 70% Publik Puas’, dikutip Minggu (6/10).

Ia menambahkan bahwa hasil survei Kompas dan lembaga survei lainnya menunjukkan tren kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi. 

Survei yang dilakukan 3 bulan terakhir merupakan cerminan akumulasi dari capaian kinerja pemerintah selama 10 tahun ini.

Stabilitas politik dan ekonomi yang terjaga hingga masa akhir jabatan Jokowi, diyakini sebagai salah satu faktor yang berkontribusi pada tingginya kepuasan publik. 

Prabu menjelaskan, peran Jokowi sebagai sosok presiden yang dekat dengan rakyatnya menjadi salah satu alasan mengapa ia terus mendapatkan apresiasi tinggi. 

“Hubungan yang intim dengan masyarakat membekas di hati mereka. Ini salah satu ciri kepemimpinan Jokowi yang berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya,” kata Prabu.

Dukungan Jokowi terhadap kandidat pemimpin berikutnya tidak hanya menjadi bukti stabilitas politik, tetapi juga menjadi sinyal bahwa kesinambungan kebijakan di masa mendatang dapat terjaga dengan baik.

Dengan transisi pemerintahan yang lancar dan tingkat kepuasan yang tetap tinggi, Prabu yakin, sejarah politik Indonesia akan mencatat pencapaian ini sebagai salah satu momen penting.

“Transisi pemerintahan di era Jokowi-Prabowo layak dijadikan bab khusus dalam buku sejarah politik. Ini adalah contoh bagaimana perubahan kekuasaan dapat berjalan mulus di tengah tantangan yang besar,” pungkas Prabu. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA