Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ahok Ngaku Jusuf Hamka Berpotensi Batal Maju Pilgub Jakarta, Gara-gara KIM Plus?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 04 Agustus 2024, 06:15 WIB
Ahok Ngaku Jusuf Hamka Berpotensi Batal Maju Pilgub Jakarta, Gara-gara KIM Plus?
Politikus PDIP, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/Net
rmol news logo Meski sudah mendapat surat instruksi dari Partai Golkar untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024, Jusuf Hamka, disebut-sebut bakal mundur. Pengusaha jalan tol itu batal maju Pilgub Jakarta.

Hal ini diungkap politikus PDIP, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang mengaku ditelepon oleh politikus Partai Golkar Jusuf Hamka terkait dinamika Pilkada Jakarta 2024.

Ahok mengaku Jusuf Hamka mengabarkan bahwa dirinya berpeluang tidak jadi maju di Pilgub Jakarta. Hal itu terkait dengan sinyal Ridwan Kamil yang akan maju di Pilgub Jakarta.

"Tadi Pak Hamka baru telepon saya. Gua dekat sama Pak Hamka kok, (dia bilang) kayaknya enggak jadi maju nih, karena sudah KIM Plus kan, tergantung Bung RK kan. Berarti yang Golkar punya calon bukan (Jusuf Hamka). Tinggal kita tanya nih RK dengan Hamka atau RK dengan Mas Kaesang," ucap Ahok di Jakarta, Sabtu (3/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahkan menganggap Koalisi Indonesia Maju (KIM) luar biasa, karena bisa membuat Ridwan Kamil kemungkinan besar batal maju di Pilgub Jawa Barat. Padahal RK punya elektabilitas tertinggi untuk bertarung menjadi Jabar-1.

Sehingga muncul perhitungan bahwa calon yang diusung Gerindra bakal sulit menang di Pilgub Jabar kalau melawan Ridwan Kamil.

"Itu tadi kan KIM Plusnya luar biasa dong. Saya kira luar biasa karena tadinya hitungan orang, katanya, saya enggak tahu, calon Gerindra enggak mungkin menang di Jabar kalau ada RK nih," papar Ahok.

"Jadi kalau misalnya RK ditarik, calon Gerindranya bisa menang. Saya enggak tahu bargaining-nya seperti apa. Mungkin di Jakartanya kasih ke Golkar atau kasih ke siapa gitu," sambungnya.

Gerindra memang cukup getol mendorong Ridwan Kamil maju di Pilgub Jakarta. Hal ini disinyalir untuk mempermudah jalan bagi jagoan mereka, Dedi Mulyadi, di Pilgub Jabar. Belakangan, Golkar sebagai partai yang menaungi, juga memberi sinyal akan mendukung RK di Pilgub Jakarta.

Di sisi lain, Golkar pun telah memberikan instruksi kepada Jusuf Hamka alias Babah Alun untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA