Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Jateng 2024

Gerindra Ungkap Alasan Pilih Luthfi Ketimbang Sudaryono

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 23 Juli 2024, 06:14 WIB
Gerindra Ungkap Alasan Pilih Luthfi Ketimbang Sudaryono
Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani/RMOL
rmol news logo Partai Gerindra telah memutuskan untuk mengusung Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Ahmad Luthfi, maju pada Pilgub Jateng 2024. 

Meskipun sebelumnya Gerindra sudah siap untuk mengusung Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono, untuk maju sebagai bakal calon gubernur. Namun kemudian urung diusung usai menjabat Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Menurut Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Luthfi dianggap sudah memahami karakteristik masyarakat dan kondisi di Jateng.

"Karena kita merasa bahwa Pak Luthfi adalah Kapolda Jawa Tengah dan beliau orang Jawa Tengah, cukup lama bekerja sebagai Kapolda di sana. Beliau cukup memahami kondisi Jawa Tengah dan beliau mempersiapkan diri sudah cukup lama," kata Muzani di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Muzani kemudian mengungkap alasan partainya batal mengusung Sudaryono maju di Pilgub Jateng. Yaitu Sudaryono mengaku tak mampu memikul tugas sebagai wamentan sekaligus menjadi cagub Jateng.

"Pak Daryono (Sudaryono) adalah anak muda, yang baru saja ditugasi menjadi Wakil Menteri Pertanian sehingga beliau merasa perlu untuk membagi tugas, tidak bisa dua-duanya dipikul," terang Muzani.

Lanjut Muzani, keputusan pencalonan Luthfi maju Pilgub Jateng telah melalui koordinasi dengan partai-partai mitra di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Yaitu dengan PAN, Golkar, dan Demokrat.

"Keputusan ini tentu saja setelah kita berkomunikasi, berkoordinasi dengan partai-partai yang tergabung dengan Koalisi Indonesia Maju dan akhirnya kita memutuskan ke Ahmad Luthfi," pungkas Muzani. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA