Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Sulut 2024

IDM: Jan Samuel Maringka Diunggulkan Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 09 Juli 2024, 09:55 WIB
IDM: Jan Samuel Maringka Diunggulkan Publik
Jan Samuel Maringka/Net
rmol news logo Tokoh Sulawesi Utara yang pernah menjabat Jaksa Agung Muda Intelijen, Jan Samuel Maringka masih diunggulkan publik dalam bursa calon gubernur Sulut pada Pilkada 2024.

Dalam survei terbaru Indonesia Development Monitoring (IDM) periode 23 Juni-3 Juli 2024, nama Jan Maringka berada di posisi puncak dalam simulasi pertanyaan semi terbuka 10 nama potensial bakal calon gubernur.

"Dari daftar 10 nama kandidat calon gubernur, Jan Samuel Maringka dipilih sebanyak 22,1 persen," ujar Direktur Eksekutif IDM Heru Suyatno Dalam keterangan tertulis, Selasa (9/7).

Kata Heru, di urutan kedua ada nama Elly Engelbert Lasut dengan dipilih sebanyak 21,2 persen, dan ketiga Rita Tumuntuan dipilih sebanyak 11,8 persen.

Menyusul berikutnya, ada nama Steven Kandau (8,3 persen), Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Komaling (7,4 persen), dan Christiani E. Paruntu di angka (5,2 persen).

Selain itu, ada nama Tatong Bara (4,7 persen), James Sumendap (3,9 persen), Benny Mamoto (2,1 persen), Carlo Tewu (1,2 persen).

"Serta masih ada responden tidak jawab atau rahasia 12,1 persen," kata Heru.

Sementara, pengamat politik Alex Masengi mengatakan, keunggulan Jan Maringka adalah hal wajar, yang tidak terlepas dari sosoknya yang juga seorang akademisi.

"Seperti halnya individu dari latar belakang profesional lainnya, bisa menjadi pemimpin yang layak untuk memimpin suatu provinsi, termasuk Sulawesi Utara," kata Alex.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA