Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pilgub Banten 2024

Golkar Disarankan Gandeng PDIP dan Demokrat Menangkan Airin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 04 Juli 2024, 17:30 WIB
Golkar Disarankan Gandeng PDIP dan Demokrat Menangkan Airin
Airin Rachmi Diany/Net
rmol news logo Partai Golkar diyakini dapat memperkuat pencalonan Airin Rachmi Diany di pemilihan gubernur (Pilgub) Banten, apabila dapat menggandeng PDIP dan Partai Demokrat.

Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan mengamati, Golkar punya lawan yang tidak biasa di Pilgub Banten, karena sama-sama partai politik (parpol) pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Dan Gerindra jumlah kursinya sama dengan Golkar di Banten, yaitu 14 kursi. Bahkan sudah membangun poros Koalisi Banten Maju bersama tujuh partai yaitu PKS, PAN, PSI, Nasdem, PKB, PPP untuk mengusung Andra Soni-Dimyati," ujar Yusak kepada RMOL, Kamis (4/7).

Dia memandang, terbentuknya Koalisi Banten Maju yang diisi banyak parpol seharusnya tidak menjadi halangan Partai Golkar. Sebab, terdapat faktor elektoral Airin dan Golkar itu sendiri di kawasan Banten yang kuat.

"Sejak 2006, Golkar punya rekam jejak kuat di eksekutif Banten melalui pilkada langsung dengan mendapat 2 kali Gubernur dan 1 kali Wagub," sambungnya menjelaskan.

"Dan Airin punya peluang menang,  karena ditopang dengan modal ketokohan individu yang cukup kuat. Makanya cenderung dikunci oleh kompetitornya," tambah Yusak.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pamulang (FISIP UNPAM) itu meyakini, Golkar masih berpeluang besar mengusung Airin di Pilgub Banten, meskipun agak ketinggalan dalam membangun Poros Koalisi.

"Meskipun masih ada kemungkinan perubahan peta atas Koalisi 7 parpol tersebut, namun Golkar sebaiknya segera merangkul PDIP dan Demokrat untuk berkoalisi agar tidak terkunci, karena Golkar masih membutuhkan dukungan partai lain untuk mengajukan pasangan cagub-cawagub," tuturnya.

"Kalau PDIP tidak mengajukan Rano Karno sebagai Cagub, Golkar bisa mengajak PDIP bergabung dengan kompensasi Wakil. Cawagub Airin dari PDIP bisa diambil dari tokoh yang kuat di daerah Serang Raya," demikian Yusak menutup. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

  • TAGS

ARTIKEL LAINNYA