Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA JAKARTA 2024

PAN Tunggu "Arah Angin" Politik Pilkada Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 22 Juni 2024, 12:39 WIB
PAN Tunggu "Arah Angin" Politik Pilkada Jakarta
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan/RMOL
rmol news logo Partai Amanat Nasional (PAN) hingga saat ini masih menunggu perkembangan peta politik Jakarta menuju Pilkada Serentak November 2024 mendatang.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengaku sempat menjagokan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk bisa maju di Pilkada Jakarta.

Namun kini, hasrat mengusung Ridwan Kamil akan digodok lebih lanjut sembari memantau peta politik kekinian di Jakarta, termasuk mencermati riset lembaga survei terkait elektabilitas kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta yang muncul.  

“Waktu itu sempat (ingin mengusung) Ridwan Kamil, tapi perkembangan seperti apa kan belum ketemu lagi,” kata Zulkifli Hasan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Sabtu (22/6).

Ditanya lebih jauh apakah PAN akan tetap berupaya mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Zulkifli Hasan masih akan berembuk dengan pihak lain.

“Belum pertemuan lagi ya,” pungkasnya.

Merujuk beberapa lembaga survei, elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta masih kalah dengan nama lain, seperti Anies Baswedan hingga Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Salah satunya diungkap Survei Proximity Indonesia yang menempatkan Ridwan Kamil di posisi ketiga di bawah Anies dan Ahok.

Bahkan penurunan elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta diakui juga oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia. Awalnya, elektabilitas sempat tinggi saat muncul billboard Ridwan Kamil bertuliskan "On The Way Jakarta".

"Tetapi begitu nama-nama lain muncul, nama Anies Baswedan, muncul nama Basuki Tjahaja Purnama, segala macam. Nah, ini menurun elektabilitasnya, kalau kita melihat survei hari ini," kata Doli, Rabu (19/6). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA