Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demo Tolak Tapera, Buruh Kumpul di Patung Kuda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 06 Juni 2024, 11:02 WIB
Demo Tolak Tapera, Buruh Kumpul di Patung Kuda
Spanduk tolak Tapera terbentang di Pagar Patung Kuda Arjuna Wiwaha/RMOL
rmol news logo Partai Buruh dan Serikat Pekerja melakukan unjuk rasa menolak program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (6/6).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, organisasi serikat pekerja dari berbagai elemen mulai berdatangan. Mereka membawa sejumlah atribut berupa bendera dan spanduk berisi penolakan kebijakan Tapera.

Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat mengarah ke Gedung Mahkamah Konstitusi sementara waktu dilakukan penutupan. Aksi demontrasi ini berimbas ke layanan Transjakarta yang harus melakukan penyesuaian rute.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, kebijakan Tapera merugikan dan membebani pekerja dengan iuran dipotong 3 persen tiap bulannya. Meski dipotong selama 20 tahun, kaum buruh diyakini tetap tidak bisa memiliki rumah.

Selain itu, dalam Tapera, Pemerintah dinilai lepas tanggung jawab dalam menyediakan rumah. Hal ini karena Pemerintah hanya bertindak sebagai pengumpul iuran, tidak mengalokasikan dana dari APBN maupun APBD.

"Permasalahan lain adalah dana Tapera rawan dikorupsi, serta ketidakjelasan dan kerumitan pencairan dana," lanjutnya.

Selain aksi menolak PP Tapera, isu lain yang diangkat dalam aksi ini adalah Tolak Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahal, Tolak KRIS BPJS Kesehatan, Tolak Omnibuslaw UU Cipta Kerja, dan Hapus Outsourcing Tolak Upah Murah (Hostum).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA