Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Polhukam Wanti-wanti Keamanan Papua di Pilkada 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 28 Mei 2024, 19:09 WIB
Menko Polhukam Wanti-wanti Keamanan Papua di Pilkada 2024
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto/Istimewa
rmol news logo Keamanan di wilayah Papua pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 menjadi salah satu perhatian pemerintah. Sebab, seiring pemekaran yang telah dilakukan di wilayah Papua, butuh strategi khusus terkait keamanan pelaksanaan pilkada.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto menyebutkan, wilayah Papua menjadi salah satu daerah yang diantisipasi pada setiap pelaksanaan pilkada.

"Diperlukan langkah strategis melalui sinergitas pemerintah, penyelenggara pemilu, hingga masyarakat luas untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024," ujar Hadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/5).

Guna mempersiapkan hal tersebut, Hadi memastikan pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama beberapa institusi pemerintahan terkait digelar pada Rabu besok (29/5).

Rencananya, Rakor besok akan mengundang Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua KPU Hasyim Asyari, dan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

"Serta perwakilan dari partai politik, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di wilayah Papua, dan sejumlah tokoh masyarakat," sambungnya.

Lebih lanjut, mantan Panglima TNI itu berharap pelaksanaan Pilkada serentak 2024 yang akan berlangsung pada 27 November 2024 berjalan aman dan damai.

"Kita tentunya mengharapkan dalam setiap tahapan Pilkada 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman, serta tidak ada kendala apapun dalam pelaksanaannya," demikian Hadi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA