Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Pembobolan 12 Kotak Suara di Sekretariat PPK Way Khilau, Bawaslu Pesawaran: Potensi Pidana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 18 Februari 2024, 00:58 WIB
Soal Pembobolan 12 Kotak Suara di Sekretariat PPK Way Khilau, Bawaslu Pesawaran: Potensi Pidana
Tangkapan layar kotak suara di Sekretariat PPK Way Khilau rusak karena dibobol/Repro
rmol news logo Warga di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, tengah dihebohkan dengan kabar ada 12 kotak suara di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Way Khilau dibobol orang tak dikenal pada Jumat malam kemarin (16/2).
HUT 79 RI

Dalam video berdurasi 4 menit 4 detik yang diterima Kantor Berita RMOL Lampung, Sabtu (17/2), tampak sejumlah orang memeriksa puluhan kotak suara di Sekretariat PPK Way Khilau dalam kondisi segel terbuka. Bahkan ada yang rusak karena dibobol paksa.

"Sembilan puluh persen (kotak suara) Desa Penengahan rusak, yang lebih parah ada yang tidak tersegel," ujar suara pria yang merekam video.

Saat dikonfirmasi, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Fatihunnajah, membenarkan informasi dalam video tersebut. Dia mengatakan, dirinya bersama kepolisian langsung datang ke lokasi setelah mendapatkan informasi tersebut.

"Awalnya, dari video dari warga yang datang ke gudang penyimpanan kotak suara, ternyata sedang ada oknum yang membuka kotak suara, mereka videoin dan langsung lapor," kata Fatih.

Fatih menegaskan, Bawaslu Pesawaran sedang menyelidiki kasus ini. Pihaknya juga sudah mengantongi nama-nama terduga pelaku perusak kotak suara itu.

"Ada oknum buka kotak suara, tapi belum bisa dipastikan mereka PPS atau bukan dan apa pekerjaannya, tapi nama-namanya sudah kami kantongi," jelas dia.

Fatih melanjutkan, saat dirinya datang ke lokasi, sebanyak 12 kotak suara sudah dalam kondisi dibuka.

"Sekarang kami sedang kumpulkan bukti dan saksi, kami juga akan melakukan pleno untuk menjadi temuan. Tentu ini potensinya pidana," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA