Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iwan Bule, Dari Bhayangkara Berjuang Menuju Senayan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 29 Januari 2024, 23:55 WIB
Iwan Bule, Dari Bhayangkara Berjuang Menuju Senayan
Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Mochamad Iriawan/Net
rmol news logo Memasuki masa pensiun setelah menorehkan prestasi gemilang sebagai penegak hukum, Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule kini menapaki ranah politik.

Jenderal polisi yang dikenal berprestasi selama masa kerjanya ini kini bertransformasi menjadi seorang politisi dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di daerah pemilihan Jawa Barat X.

Pria kelahiran 31 Maret 1962 merupakan alumnus Akademi Kepolisian tahun 1984. Selama berdinas di Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Iwan Bule menangani berbagai kasus, termasuk penanganan pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan tokoh-tokoh terkemuka di Indonesia. Iwan Bule juga menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di tiga wilayah, yaitu Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Metro Jaya.

Iwan Bule dinilai piawai dalam menjaga ketertiban di lingkungan masyarakat dengan karakternya yang humanis. Karakter tersebut ia munculkan dalam kepemimpinannya, di mana ia selalu memberikan perhatian khusus terhadap partisipasi seluruh anggota dalam setiap keputusan dan kegiatan di institusi yang dipimpinnya.

Pendekatan Iwan Bule dalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pejabat polisi selalu mencerminkan kemampuannya untuk memimpin dengan kelembutan. Dia memberikan ruang bagi bawahannya untuk berkembang maksimal, selalu terbuka terhadap ide-ide baru, dan dengan setia mendengarkan aspirasi masyarakat.

Tidak hanya itu, karisma dan kedekatan dengan berbagai lapisan masyarakat menjadikannya sosok yang sangat mudah diterima dari berbagai kalangan manapun.

Sebagai seorang Kapolda, Iwan Bule menunjukkan kepemimpinan efektif dan transparan. Pemahaman akan pentingnya kerja sama antara aparat kepolisian dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif menjadi salah satu kunci suksesnya.

“Kepercayaan masyarakat pada kami adalah hal yang utama agar dapat bersinergi dan bahu-membahu untuk menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan nyaman bagi semua pihak tanpa terkecuali,” ujarnya.

Sebagai figur yang dapat diandalkan, berpengalaman, dan memimpin dengan tidak sedikit yang menyokong Iwan Bule untuk maju sebagai perwakilan rakyat di tingkat nasional. Sebagaimana komitmennya terhadap masyarakat, dukungan tersebut diterima baik oleh Iwan Bule dan diwujudkan dalam pencalonannya sebagai calon anggota DPR RI di pemilu tahun ini.

Dengan potensi yang dia miliki, Iwan Bule diharapkan mampu untuk menjembatani kebijakan pemerintah dan kebutuhan riil masyarakat secara efektif, sambil membawa nuansa kepemimpinan humanis dan inklusif ke panggung politik sebagaimana yang selama ini dia lakukan di setiap amanah atau jabatan yang diemban. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA