Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalahkan Anies dan Sandiaga, Kang Emil Kandidat Kuat Cagub DKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 20 Januari 2024, 22:21 WIB
Kalahkan Anies dan Sandiaga, Kang Emil Kandidat Kuat Cagub DKI
Ridwan Kamil/Net
rmol news logo Popularitas Ridwan Kamil tetap tinggi meski sudah tidak menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Berdasar hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada 8-15 Januari 2024, terhadap 880 warga DKI yang sudah memiliki hak suara, elektabilitas RK berada di posisi teratas sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta paling tinggi.

Kang Emil mengungguli nama-nama lain termasuk Anies Rasyid Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Sandiaga Salahuddin Uno.

"Ketika LSJ mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika pilgub DKI dilaksanakan saat ini, ternyata justru nama Ridwan Kamil yang memimpin dengan 23,4 persen," tulis Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (20/1).

Lanjut Fetra, di bawah Kang Emil ada Tri Rismaharini dengan elektabilitas 19,2 persen; Anies Baswedan dengan elektabilitas 18,4 persen; Basuki Tjahaja Purnama dengan elektabilitas 8,7 persen; Heru Budi Hartono dengan elektabilitas 5,5 persen; Kaesang Pangarep dengan elektabilitas 3,9 persen; Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas 3,5 persen; dan Ahmad Sahroni dengan elektabilitas 3,2 persen.

Sementara itu, hasil survei tingkat akseptabilitas Kang Emil sebagai calon gubernur DKI mencapai angka 80,7 persen.

"Akseptabilitas Anies Baswedan mulai kurang diterima oleh masyarakat DKI dan hanya berada di posisi ketiga dibawah RK dan Kaesang Pangarep. Bahkan hanya unggul tipis atas Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno," kata Fetra.

Dalam keterangan yang sama, Fetra menyampaikan bahwa popularitas Kang Emil di Jakarta masuk jajaran atas, hal ini berdasarkan hasil survei LSJ, tingkat popularitas Kang Emil menyentuh angka 95,3 persen.

Angka itu lebih tinggi dari tingkat popularitas Sandiaga Salahuddin Uno (92,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (90,8 persen), Tri Rismaharini (90,4 persen), Heru Budi Hartono (87,6 persen), dan Kaesang Pangarep (80,6 persen).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA