Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Isu Wadas Diprediksi Tak Muncul pada Debat Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 18 Januari 2024, 14:57 WIB
Isu Wadas Diprediksi Tak Muncul pada Debat Cawapres
Pertikaian di Desa Wadas/Net
rmol news logo Debat keempat untuk Cawapres dengan tema lingkungan dan agraria diduga menjadi kelemahan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, terutama terkait kasus Desa Wadas.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Dedi Kurnia Syah, memprediksi Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, tidak akan menyentuh isu Desa Wadas untuk menyerang dua rivalnya, terutama menyerang Paslon 03.

Menurutnya, isu lingkungan menyangkut Desa Wadas terlalu mudah dijawab dua lawannya. Sebab itu Gibran tidak akan mengeluarkan isu.

“Memahami situasi debat pertamaGibran cenderung mencari cara agar lawan tidak dapat menjawab, sementara Wadas dimungkinkan mudah dijawab. Untuk itu, rasanya tidak akan disinggung,” ucap Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/1).

Sebelumnya, Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku siap jika topik soal Wadas dibahas dalam debat keempat Cawapres yang diwakilkan Mahfud MD.

Sebagai mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar mengaku sudah merampungkan persoalan Wadas. Walaupun dia menegaskan itu bukan program Pemerintah Provinsi Jateng, dan lebih tepatnya Proyek Strategis Nasional (PSN), yang merupakan tanggung jawab pemerintah pusat.

Dia juga mengklaim sudah menyelesaikan tanggung jawab atas persoalan Desa Wadas.

“Sebaiknya dibahas, meskipun itu bukan program Pemprov, Wadas yang itu saya selesaikan, itu PSN, karena kami dilatih bertanggungjawab ya, dan selesai insya allah Selasa,” kata Ganjar, usai menghadiri acara Generasi Perintis, di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Minggu (14/1).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA