Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Romo Magnis Ungkap 3 Tantangan Indonesia ke Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 14 Januari 2024, 11:04 WIB
Romo Magnis Ungkap 3 Tantangan Indonesia ke Depan
Tangkapan layar Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat Diryarkara Romo Magnis Suseno dalam akun Youtube Media Indonesia/RMOL
rmol news logo Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat Diryarkara Romo Magnis Suseno berpendapat Indonesia memiliki tiga tantangan besar ke depan.

Pertama tantangan vertikal terkait kesejahteraan rakyat Indonesia yang harus diperhatikan dengan baik oleh negara jika tidak ingin terpecah belah.

"Kalau mereka merasa Indonesia milik mereka yang di atas saja, kita jangan heran kalau mereka mencari suatu ideologi lain daripada Pancasila. Kenapa dapati Pancasila, kalau mereka sudah merdeka bertahun-tahun tapi belum juga sejahtera," kata Romo Magnis dikutip Kantor Berita Politik RMOL dalam akun Youtube Media Indonesia, Minggu (14/1).

Tantangan kedua, kata Romo Magnis, yaitu datang dari luar yang memunculkan paham radikalisme agama kepada masyarakat.

"Saya berpendapat bahwa, orang kecil merasa bahwa dalam Indonesia ber-Pancasila, Indonesia pasca reformasi mereka punya harapan anak-anak mereka, akan punya masa depan lebih baik mereka, tidak akan kena radikalisme," kata Romo Magnis.

Menurutnya, tantangan radikalisme tidak besar bahayanya, jika mereka diberikan kesejahteraan yang baik.

"Tapi, kalau orang kecil merasa ditinggalkan, jadi kuncinya ada tantangan ketiga bagaimana menangani oligarki, jangan negara itu merosot menjadi alat sekelompok orang yang punya akses untuk memperkaya diri," tutupnya.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA