Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Median, Pilpres Diperkirakan Berlangsung Dua Putaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 11 Desember 2023, 17:05 WIB
Survei Median, Pilpres Diperkirakan Berlangsung Dua Putaran
Hasil survei terkini Median memprediksi Pilpres akan berlangsung dalam dua putaran/Repro
rmol news logo Pemilihan presiden (Pi?pres) 2024 diperkirakan akan berlangsung dalam dua putaran. Prediksi ini muncul berdasarkan temuan survei lembaga Media Survei Nasional (Median) yang dirilis hari ini, Senin (11/12).

Menurut peneliti Median, Irfan Abdurahman, melihat tren elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres, belum ada pasangan calon (paslon) yang elektabilitasnya melewati 50 persen.

"Berdasarkan survei elektabilitas Prabowo-Gibran baru mencapai 37,0 persen. Disusul oleh Ganjar-Mahfud mencapai 26,7 persen. Pasangan Anies-Muhaimin menempel ketat dengan elektabilitas 25,4 persen. Sedangkan yang belum menentukan (pilihan) mencapai 10,9 persen," tutur Irfan saat menyampaikan hasil survei secara daring, Senin (11/12).

Jika Pilpres terjadi dalam dua putaran, maka menurut temuan Median, pasangan calon yang dipastikan melaju ke babak berikutnya adalah Prabowo-Gibran. Mengingat pasangan tersebut sampai saat ini kerap memimpin dengan selisih yang lumayan jauh dari paslon lain.

"Sedangkan untuk paslon lain yang diperkirakan masuk putaran kedua masih diperebutkan oleh pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies Muhaimin. Mengingat selisih yang tidak terlalu jauh di antara mereka," terang Irfan.

Survei Median ini dilakukan pada 20-27 November 2023. Responden yang dilibatkan 1.500 orang. Di mana sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender dengan margin of error sebesar 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA