Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Forum GNEJ, Bawaslu Komitmen Jaga Kepercayaan Publik pada Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 05 Desember 2023, 13:56 WIB
Di Forum GNEJ, Bawaslu Komitmen Jaga Kepercayaan Publik pada Pemilu
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja memberikan sambutan dalam acara Scientific Committee Meeting Global Network on Electoral Justice Network (GNEJ), di Savoy Homann Hotel, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/11)/RMOL
rmol news logo Kepercayaan publik terhadap pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu), menjadi komitmen Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk terus dijaga.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menyampaikan hal itu dalam acara Scientific Committee Meeting Global Network on Electoral Justice Network (GNEJ), di Savoy Homann Hotel, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/11).

Bagja menjelaskan, Bawaslu merupakan lembaga penyelenggara yang berdiri atas masalah yang hadir dalam sejarah pemilu di Indonesia era Orde Baru.

"Bawaslu didirikan sebagai tanggapan terhadap krisis kepercayaan dalam proses pemilihan, yang telah dikompromikan sejak pemilihan tahun 1971 di bawah rezim yang berkuasa," ujar Bagja di hadapan perwakilan sejumlah negara yang hadir.

Anggota Bawaslu dua periode itu menegaskan, Bawaslu telah memiliki kehormatan untuk memegang Presidensi GNEJ yang beranggotakan jaringan lembaga peradilan pemilu dunia selama dua tahun, dari Januari 2022 hingga Desember 2023.

Karena itu, Bagja membagikan pengalaman kinerja, prinsip, serta tujuan Bawaslu kepada lembaga peradilan pemilu anggota GNEJ.

"Dengan pembentukan lembaga independen yang mengawasi pemilu, kepercayaan terhadap proses pemilu yang adil dan adil dikembalikan. Dengan mandat untuk memimpin Global Network," ucapnya.

"Bawaslu memperkuat perannya dalam demokrasi Indonesia dengan mendapatkan dukungan dari lembaga-lembaga pemilihan di seluruh dunia," demikian Bagja menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA