Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Begini Bentuk Desain Surat Suara Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 November 2023, 15:49 WIB
Begini Bentuk Desain Surat Suara Pilpres 2024
Desain surat suara Pilpres 2024 yang disetujui KPU RI bersama-sama tim pasangan calon/Repro
rmol news logo Desain surat suara pemilihan presiden (Pilpres) 2024 telah diselesaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Desain yang dibuat berdasarkan hasil persetujuan bersama tim pasangan calon presiden-wakil presiden.

Anggota KPU RI, Yulianto Sudrajat menjelaskan, surat suara Pilpres 2024 telah selesai, dan siap untuk dicetak oleh penyedia jasa percetakan yang ditugaskan sesuai prosedur yang berlaku.

"Ini desainnya. Sudah disetujui, dan berikutnya masuk proses di percetakan," ujar Yulianto singkat, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (29/11).

Dalam dokumen desain surat suara yang dibagikan Yulianto Sudrajat selaku Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik KPU RI, terpampang foto 3 pasangan capres-cawapres yang akan berlaga.

Dibubuhkan pula nomor urut di bagian atas serta logo partai politik (parpol) di bagian bawah foto masing-masing pasangan capres-cawapres.

Foto pasangan capres-cawapres dalam desain surat suara itu diberikan pembatas berupa garis kotak warna hitam.

Jika dilihat dari kotak paling pojok sebelah kiri, tampak foto pasangan capres-cawapres nomor urut 1 yang diusung Partai Nasdem, PKB, dan PKS, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Sementara kotak di bagian tengah, tampak foto pasangan capres-cawapres nomor urut 2 yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PSI, PBB, dan Partai Garuda, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kemudian di kotak bagian paling kanan, terlihat foto pasangan capres-cawapres nomor urut 3 yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menariknya, foto dari 3 pasangan capres-cawapres tersebut identik dengan pakaian yang kerap digunakan dalam setiap acara resmi KPU RI.

Terlihat, Anies-Muhaimin menggunakan setelan jas hitam dipadu kemeja warna putih dan sama-sama memakai kopiah. Sementara Prabowo-Gibran memakai kemeja warna biru muda. Sedangkan Ganjar memakai kemeja hitam dan Mahfud kemeja putih ditambah kopiah hitam.

Adapun bagian latar surat suara yang didesain KPU RI itu, dihiasi warna Bendera Kebangsaan Indonesia, Merah dan Putih. Kemudian di bagian paling atas tertulis "Surat Suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024", terdapat logo KPU, dan kata-kata "Pemilu Sarana Integrasi Bangsa". rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA