Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alihkan Pemuda dari Alkohol, Srikandi Ganjar Kenalkan Bir Pletok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 06 November 2023, 06:51 WIB
Alihkan Pemuda dari Alkohol, Srikandi Ganjar Kenalkan Bir Pletok
Srikandi Ganjar melatih pemuda membuat bir pletok/Ist
rmol news logo Srikandi Ganjar Jabodetabek mengadakan pelatihan membuat bir pletok kepada pemuda di Kayumas Utara, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Keberadaan bir pletok yang semakin jarang ditemukan menjadi catatan penting bahwa minuman tersebut harus dilestarikan guna menjadi andalan kuliner maupun oleh-oleh dari Jakarta.

"Saat ini, banyak anak muda yang tidak mengetahui minuman khas betawi tersebut, sehingga ini jadi motivasi kami untuk mengenalkan bir pletok kepada masyarakat supaya ini bisa menjadi pengalihan anak muda dalam mengkonsumsi alkohol," ungkap Korwil Srikandi Jabodetabek, Wahyuni Safitri, dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Minggu (5/11).

Sambung dia, bir pletok merupakan salah satu minuman khas betawi yang kerap menjadi minuman untuk menghangatkan tubuh di zaman Belanda yang tidak mengandung alkohol.

Minuman tersebut merupakan minuman alami alami dengan ramuan rempah-rempah yang asli berasal dari Indonesia, tak heran Indonesia didaulat menjadi negara yang subur karena memiliki jutaan jenis tumbuhan yang bisa ditanami.

Oleh karena itu, kata Safitri sudah seharusnya generasi muda Indonesia untuk mencintai dan melestarikan budaya, salah satunya bir pletok tersebut.

"Sudah sepantasnya kita melestarikan adat budaya khas betawi bir pletok ini," tandas Safitri.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA