Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator PDIP: Perjuangan pada Kemerdekaan Palestina Adalah Amanat Konstitusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 02 November 2023, 09:26 WIB
Legislator PDIP: Perjuangan pada Kemerdekaan Palestina Adalah Amanat Konstitusi
Politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka/Net
rmol news logo Perjuangan untuk kemerdekaan Palestina tidak perlu dikhawatirkan akan membangunkan sel teroris di dunia. Tetapi, perjuangan itu semata untuk memerdekakan Palestina dari penjajahan Israel.

Begitu ditegaskan politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka. Terlebih bagi Indonesia, kata dia, Pembukaan UUD 1945 sudah mengamanatkan soal hak kemerdekaan bagi seluruh bangsa.

"Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan," kata Rieke dalam keterangan tertulis, Kamis (2/11)

Rieke menekankan, dengan adanya pembukaan itu, maka perjuangan kemerdekaan bagi rakyat dan bangsa Palestina adalah bagian dari amanat konstitusi.

Mantan artis sinetron televisi itu pun meminta semua pihak untuk tidak membuat pernyataan dan narasi seolah perjuangan itu akan membangunkan sel terorisme.

"Mohon dengan segala kerendahan hati pada siapa pun jangan menggunakan tragedi kemanusiaan di Gaza sebagai pengalihan isu," tandasnya.

Adapun pernyataan Rieke menanggapi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengingatkan, perang Israel dan Hamas dapat membangkitkan sel-sel terafiliasi dengan teroris di Indonesia.

"Beberapa waktu yang lalu dampak dari perang Israel-Palestina tentunya juga membangkitkan sel-sel yang terafiliasi dengan teroris dan mau tidak mau kita juga tentunya harus waspada," kata Sigit.

Sigit menjelaskan, sejauh ini Polri telah menangkap 59 orang terduga teroris dan akan terus mengambil langkah-langkah demi mencegah terjadinya aksi terorisme.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA