Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cacar Monyet di Jakarta Tembus 12 Kasus, Komisi IX DPR Pertanyakan Skema Mitigasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 26 Oktober 2023, 08:58 WIB
Cacar Monyet di Jakarta Tembus 12 Kasus, Komisi IX DPR Pertanyakan Skema Mitigasi
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati/Ist
rmol news logo Kasus penyebaran cacar monyet atau mpox harus menjadi atensi pemerintah agar tidak tersebar masif seperti kasus Covid-19 hingga menjadi pandemi.

Data terbaru Dinas Kesehatan DKI Jakarta, cacar monyet yang terkonfirmasi di Jakarta sudah ada 12 kasus.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati mengatakan, pihaknya sudah mengingatkan pemerintah jauh sebelum kasus masuk ke Indonesia agar menyiapkan diri membuat tata laksana mitigasi serta pengawasan ke kelompok paling berisiko terkena cacar monyet.

"Sekarang jumlahnya terus meningkat, maka perlu ada yang dievaluasi apakah tata laksana dan mitigasinya sudah dilakukan?" kata Kurniasih dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/10).

Kurniasih mengatakan, Indonesia sudah berpengalaman dalam menangani Covid-19. Sehingga penanganan penyakit menular bisa dilakukan secara lebih terprogram.

"Tracing kontak erat, isolasi pasien terkonfirmasi, lakukan tes dan mulai perbanyak vaksinasi. Secara umum sama dengan tindakan yang kita lakukan saat Covid-19. Seharunya kita jauh lebih siap. Plus tambahan satu awasi dengan erat kelompok paling berisiko," tandas politisi PKS ini. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA