Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ingin Tiru Negara Maju, Erick Thohir Optimis Kereta Cepat Bisa Sampai Surabaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 14 September 2023, 14:29 WIB
Ingin Tiru Negara Maju, Erick Thohir Optimis Kereta Cepat Bisa Sampai Surabaya
Menteri BUMN Erick Thohir/RMOL
rmol news logo Rencana memanjangkan rute kereta cepat sampai Surabaya menuai pertanyaan. Pasalnya, rute yang ada saat ini Jakarta-Bandung, proses pembangunannya sempat terseok-seok.

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan jika Indonesia ingin seperti negara-negara maju maka harus bisa memperpanjang rute kereta cepat.

"Ya kalau negara-negara maju seperti Prancis, Italia Inggris, China apalagi sudah mempunyai sampai 26.000 KM, ya kita kalau mau maju kita harus bisa," kata Erick Thohir di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (14/9).

Erick mengatakan untuk memperpanjang rute kereta cepat, diperlukan perencanaan dan perhitungan dengan baik, jangan hanya sebatas euforia semata.

"Tetapi tentu dengan hitung-hitungan yang baik, bukan hanya euforia punya kereta api cepat. Kan gitu dan harus juga aman," jelasnya.

Terkait operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk publik, Erick memastikan masyarakat bisa menikmati kereta cepat pada Oktober nanti.

"Diharapkan masyarakat bisa mulai mencoba kenikmatan ya, kecepatan, dan juga sesuatu yang memang membuktikan Indonesia bisa menjadi negara maju ketika kereta api cepatnya kita memiliki sekarang," ujarnya.

"Nah tentu ini yang kemarin sedang dihitung ulang, untuk lebih efisiensi lagi juga didorong sampai Surabaya tapi ini kan masih dikalkulasi," tutup Erick. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA