Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Purwanto: Pati TNI-Polri jadi Pj Gubernur untuk Jaga Keamanan pada Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 06 September 2023, 11:40 WIB
Hari Purwanto: Pati TNI-Polri jadi Pj Gubernur untuk Jaga Keamanan pada Pemilu 2024
Pelantikan Penjabat (Pj) Gubernu di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta/RMOL
rmol news logo Empat perwira tinggi purnawirawan TNI dan Polri dipilih dan dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian.

Pengangkatan tiga jenderal dari Polri dan satu dari TNI Angkatan Darat itu, sesuai Keputusan Presiden 74/P/2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Soal pengangkatan itu, Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto, mengatakan, pengangkatan Pati Polri dan TNI jadi Pj Gubernur tak terlepas dari peran stabilitas keamanan daerah jelang Pemilu 2024.

"Polisi dipandang bisa dan memahami persoalan hukum terkait pemilu selain itu, koordinasi dengan aparat keamanan tentunya akan lebih mudah," kata Hari kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (6/9).

Hari juga menegaskan sinergitas TNI-Polri dalam menjaga kawasan perlu dipahami. Hal ini juga diperlukan untuk mengantisipasi persoalan-persoalan yang ada di daerah.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah yang sebelumnya menjabat sebagai inspektur utama Sekretariat Jenderal DPR RI.

Kedua, Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Andap Budhi Revianto dilantik sebagai Pj Gubernur Sulawesi.

Ketiga, Irjen Pol (Purn) Sang Made Mahendra Jaya dilantik sebagai Pj Gubernur Bali.

Keempat, dari TNI ada Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudin yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA