Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Upacara Detik-detik Proklamasi HUT RI, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Raja Surakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 17 Agustus 2023, 09:52 WIB
Upacara Detik-detik Proklamasi HUT RI, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Raja Surakarta
Busana adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta dipakai Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Busana adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, dipilih Presiden Joko Widodo untuk mengikuti upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT RI) di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (17/8).

"Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Kepresidenan hari ini. Saya mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta," kata Jokowi lewat Instagram resminya.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat di mana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi masyarakat.

Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada masyarakatnya atau bisa disebut dengan turuba.

Kepala Negara akan memimpin Upacara Detik-detik Proklamasi 17 Agustus yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Turut hadir dalam momentum ini Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Maruf Amin bersama sang istri Wury Estu Handayani, serta menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju hingga tamu undangan dari Duta Besar Negara Tetangga.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA