Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Kabupaten Bogor, Elektabilitas Prabowo dan Gerindra Masih Mendominasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 17 Agustus 2023, 05:44 WIB
Di Kabupaten Bogor, Elektabilitas Prabowo dan Gerindra Masih Mendominasi
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Bakal calon presiden, Prabowo Subianto, diprediksi akan meraup suara signifikan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Gambaran tersebut muncul berdasarkan hasil survei Lembaga Studi (LS) Visi Nusantara Maju (Vinus) terkait calon presiden dan calon legislatif mulai tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten Bogor.

Dalam survei itu, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, masih mendominasi di Kabupaten Bogor. Begitupun dengan partai yang dipimpinnya, Partai Gerindra, tetap bertengger di posisi teratas.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan LS Vinus periode 1-10 Agustus 2023, elektabilitas Prabowo berada di angka 43,04 persen. Kemudian disusul bacapres dari koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) Anies Baswedan berada di urutan kedua, dengan suara 23,92 persen, dan bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo menempati posisi ketiga dengan perolehan 16,71 persen.

Untuk elektabilitas partai, Gerindra berada di urutan pertama dengan perolehan 35,38 persen. Di urutan kedua ada Partai Golkar di angka 12,75 persen, sementara PDIP berada di posisi ketiga dengan perolehan 11,33 persen.

Ketua Tim Survei Pemantau Pemilu Nasional LS Vinus, Rizky Riyanto mengatakan, survei ini dilakukan karena para bacapres sudah muncul dan sering ke wilayah untuk mensosialisasikannya. Selain itu, untuk mengetahui sejauh mana animo masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Metode survei yang kita lakukan ini mendatangi dan mewawancarai masyarakat secara langsung. Dan ketika ditanya siapa calon presiden yang akan dipilih nanti. Masyarakat Kabupaten Bogor lebih dominan memilih Prabowo. Sehingga dalam hasil survei kami, Prabowo memiliki suara tertinggi mencapai 43,04 persen," jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (16/8).

Kemudian, lanjut Rizky, sampel survei untuk partai politik, presiden, gubernur, bupati, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Bogor itu sebanyak 2.400 responden, yang tersebar di semua kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Bogor.

"Kita lakukan survei di 40 kecamatan dan 416 desa yang tersebar di Kabupaten Bogor, dengan 2.400 responden," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA