Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Penyakit Pemilu, Mahfud MD Singgung Politik Uang yang Terstruktur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 15:51 WIB
Bahas Penyakit Pemilu, Mahfud MD Singgung Politik Uang yang Terstruktur
Menko Polhukam Mahfud MD/Ist
rmol news logo Politik uang dalam pelaksanaan Pemilu disebut sebagai penyakit oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, yang diduga bukan hanya menyasar masyarakat umum tapi juga pejabat pemerintahan.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD saat menjadi Keynote Speech dalam Forum Diskusi Sentra Gakkumdu bertajuk "Wujudkan Pemilu Bersih", yang digelar di Jawa Timur, Selasa (8/8).

"Beberapa penyakit pemilu; pertama, kemungkinan atau sering terjadi adalah politik uang," ujar dia mengawali pembahasannya.

Mahfud memaparkan definisi politik uang yang dilarang UU 7/2017 tentang Pemilu, dan sering digunakan kontestan meraup suara di wilayah pemenangan.

"Politik uang adalah upaya memenangkan pemilu melalui pembelian dukungan," sambungnya menegaskan.

Bentuk pembelian dukungan secara borongan, disebutkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu adalah melalui pejabat negara.

"Banyak, ada yang borongan melalui pejabat-pejabat di desa/kecamatan, di KPU banyak loh meskipun independen. Karena KPU tuh bukan hanya di Jakarta, itu bisa sampai daerah bahkan tingkat TPS, itu sebenarnya orang KPU semua," sindir Mahfud.

"Politik uang sering dibeli lewat mereka. Ada juga yang sering disebut serangan fajar," tambah dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA