Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Elon Musk, Menkes Budi Bahas Akses Internet untuk Puskesmas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 06 Agustus 2023, 22:09 WIB
Temui Elon Musk, Menkes Budi Bahas Akses Internet untuk Puskesmas
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat bertemu dengan Elon Musk/Net
rmol news logo Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Starlink yang merupakan perusahaan jaringan satelit milik Elon Musk.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkesempatan bertemu dengan Elon Musk untuk membahas penyediaan akses internet Puskesmas yang terletak di daerah tertinggal.

“Ini merupakan upaya kami untuk memastikan layanan kesehatan yang setara dan merata di tanah air,” kata Menkes lewat keterangan persnya, Minggu (6/8).

Tercatat saat ini masih ada sekitar 2.200 Puskesmas dengan 11.100 Puskesmas Pembantu yang belum memiliki akses internet. Peningkatan akses internet ini diharapkan dapat membuka akses pelayanan yang lebih baik pada masyarakat.

“Dengan adanya akses internet, konsultasi layanan kesehatan dapat dilakukan secara online. Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan lewat pelatihan jarak jauh juga bisa dilakukan,” jelas Menkes Budi.

Starlink adalah nama jaringan satelit yang dikembangkan oleh perusahaan Spaceflight Swasta SpaceX untuk menyediakan internet murah ke lokasi terpencil.

Starlink adalah satelit pertama dan terbesar di dunia dengan konstelasi menggunakan orbit bumi yang rendah untuk menghadirkan internet broadband yang mampu mendukung aktivitas online.

Saat ini, fasilitas layanan kesehatan di Filipina, Rwanda, Mozambik, dan Nigeria juga telah menggunakan Starlink.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA