Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Versi Indikator, Erick Thohir Paling Pantas Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 23 Juli 2023, 23:21 WIB
Versi Indikator, Erick Thohir Paling Pantas Cawapres
Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi/Ist
rmol news logo Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merupakan tokoh yang paling pantas sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Hal itu merupakan hasil survei nasional yang diselenggarakan lembaga survei Indikator Politik Indonesia berjudul "Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral Jelang 2024 di Mata Generasi Muda" yang dilakukan sejak 20-24 Juni 2023 dengan melibatkan 1.220 orang responden.

Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dari simulasi 22 nama, Erick Thohir menempati posisi pertama dengan angka 18,5 persen, disusul Ridwan Kamil di posisi kedua dengan angka 16,9 persen.

"Erick menempati peringkat pertama, meskipun selisihnya tidak signifikan dengan Ridwan Kamil di peringkat kedua," ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil surveinya melalui virtual, Minggu sore (23/7).

Margin perolehan kedua tokoh tersebut kata Burhanuddin, cukup signifikan dibanding dengan Sandiaga Salahuddin Uno di urutan ketiga dengan angka 11,8 persen, dan posisi keempat ditempati oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 11,4 persen.

Burhanuddin menjelaskan, Erick unggul di kelompok generasi Z atau generasi yang lahir 1997-2012 atau berusia di bawah 26 tahun dengan angka 26,5 persen, dan unggul di generasi milenial yang lahir 1981-1996 atau berusia 27-42 tahun di angka 20,7 persen.

"Ridwan Kamil unggul di generasi x ya, usia 43 sampai 58 tahun. AHY unggul di generasi baby boomers (usia 59-79) tahun," kata Burhanuddin.

Posisi teratas yang diraih Erick dan Ridwan Kamil tetap tidak berubah saat dilakukan simulasi 17 nama. Di mana, Erick tetap di urutan pertama dengan angka 19 persen, Ridwan Kamil 16,7 persen. Sedangkan posisi ketiga, yakni Sandi 14 persen, dan AHY 11,6 persen.

Selanjutnya dalam simulasi 5 nama, Erick tetap diurutan pertama dengan perolehan angka 22,9 persen, kedua adalah Ridwan Kamil di angka 20,1 persen. Selanjutnya ketiga adalah Sandi 17,5 persen, AHY 12,5 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 9,8 persen.

"Khusus yang 5 nama, ternyata polanya tidak berubah. Erick lagi-lagi unggul di kelompok generasi muda. Kemudian kang Ridwan unggul di generasi x. Jadi polanya enggak berubah," pungkas Burhanuddin.

Survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA