Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Isu jadi Dirut, Salamuddin Daeng Nantikan Kiprah Ahok Selamatkan Pertamina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Sabtu, 22 Juli 2023, 01:18 WIB
Isu jadi Dirut, Salamuddin Daeng Nantikan Kiprah Ahok Selamatkan Pertamina
Salamuddin Daeng/Net
rmol news logo Sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang minyak dan gas, PT Pertamina memiliki peran yang sangat strategis.

Untuk itu diperlukan sosok yang mumpuni dalam memimpin perusahaan pelat merah ini. Figur tersebut harus mampu menjaga ketahanan energi di tengah gejolak geostrategis global dan perubahan iklim.

Demikian disampaikan Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia, Salamuddin Daeng menanggapi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok  yang dikabarkan akan naik jabatan dari Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina menjadi Direktur Utama (Dirut).

"Nanti kita lihat bagaimana Ahok akan menyelamatkan masa depan energi nasional ditengah gempuran transisi energi," katanya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (21/7).

Salamuddin membeberkan, bisnis Pertamina ditopang oleh subsidi. APBN yang dikeluarkan pemerintah untuk mendukung bisnis BBM mengalahkan biaya kesehatan dan pendidikan.

Di sisi lain, Pertamina memiliki tantangan yang tidak ringan. Dua programnya yakni solarisasi sawit dan gasifikasi batubara kehilangan pasar di banyak negara.

"Ini harus ada jalan keluarnya," tegas Salamuddin Daeng. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA