Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinjau Ribuan Pengungsi Terdampak Banjir Lahar Lumajang, Khofifah Jamin Seluruh Kebutuhan Disiapkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 10 Juli 2023, 04:56 WIB
Tinjau Ribuan Pengungsi Terdampak Banjir Lahar Lumajang, Khofifah Jamin Seluruh Kebutuhan Disiapkan
Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau pengungsian terdampak banjir lahar di Lumajang/Ist
rmol news logo Posko pengungsian bagi terdampak bencana banjir lahar dingin dan tanah longsor yang berada di  Balai Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang ditinjau oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Minggu (9/7).

Khofifah datang dengan didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, dan beberapa kepala OPD terkait. Perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU itu langsung memberikan suntikan semangat bagi ratusan pengungsi yang didominasi oleh warga Sumber Kajar.

Khofifah juga meninjau tenda Pos Layanan Dukungan Psikososial (LDP) yang didirikan Dinas Sosial Pemprov Jatim. Di lokasi itu, ada puluhan anak yang mendapatkan bantuan trauma healing dan hiburan yang telah disiapkan oleh para petugas.

LDP sendiri dikelola oleh tim gabungan dari Tagana dan Peksos  yang tergabung dalam Jatim Sosial Care Dinsos. LDP ini tidak hanya melayani  anak-anak tetapi juga para korban rentan lainnya seperti lansia dan ibu hamil/menyusui.

Khofifah juga meninjau dapur umum yang didirikan Dinsos Jatim. Bahkah, dirinya juga berdialog dengan petugas terkait stock logistik dan  proses pengolahan makanan.

Khofifah juga menyampaikan duka cita mendalam atas korban meninggal dunia akibat longsor di Lumajang. Para korban tersebut merupakan satu keluarga atas nama Galih Adi Perkasa (23), Candra Agustina (20), dan Galang Naendra Putra (4 bulan).

Setelah meninjau, Khofifah menekankan masyarakat tidak perlu khawatir dan panik karena semua kebutuhan para pengungsi telah disiapkan.

“Saat ini utamakan keselamatan, dan ikuti instruksi dari pihak petugas agar aman dan selamat,” pungkasnya.

Data BPBD Jatim per Minggu 9 Juli, akibat bencana banjir lahar dingin dan longsor ini tercatat sebanyak 1.038 warga mengungsi di 18 titik pengungsian.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA