Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Titik Api Mencapai 2.521, Sekjen PKS Minta Warga Kalsel Waspada Karhutla

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 02 Juli 2023, 06:23 WIB
Titik Api Mencapai 2.521, Sekjen PKS Minta Warga Kalsel Waspada Karhutla
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi/Net
rmol news logo Masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) harus waspada dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Apalagi luas karhutla telah mencapai 205,5 hektare.

Begitu pesan Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi saat menyosialisasikan 4 Pilar MPR RI di Tabalong, Kalsel, Sabtu (1/7). Aboe mengatakan, dirinya telah mendapat laporan ada 2.521 titik api yang menyebar di seluruh wilayah Kalsel.

“Banyak titik api yang menyebar di seluruh wilayah Kalsel, apalagi saat ini sudah masuk ke musim kemarau. Oleh karenanya, jika pian barataan (saudara-saudara) melihat ada titik api yang baru, segera koordinasi dengan BPBD setempat,” tuturnya saat sosialisasi.

Ada tiga kewaspadaan yang Aboe Bakar sampaikan kepada peserta sosialisasi. Pertama, harus waspada adanya titik baru. Kedua, jika ada titik api, kewaspadaan ini harus naik.

“Jangan sampai titik api tersebut merembet ke pemukiman. Warga harus segera berkoordinasi dengan instansi terkait, agar kebakaran yang terjadi bisa segera tertangani,” tegas anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Terakhir adalah kewaspadaan terhadap kesehatan. Artinya, jika ada kebakaran yang menimbulkan asap, maka harus segera memakai masker, sehingga terhindar dari racun yang ada di asap tersebut.

Pada kesempatan tersebut Aboe Bakar juga menyampaikan akan memberikan saran kepada pihak terkait untuk membuat hujan buatan. Tujuannya, agar dapat mengurangi titik api yang ada di Kalsel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA