Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Ganjar, Erick Lebih Berpeluang Menang Bersama Prabowo di Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 22 Juni 2023, 09:44 WIB
Bukan Ganjar, Erick Lebih Berpeluang Menang Bersama Prabowo di Pilpres 2024
Prabowo Subianto bersama Erick Thohir/Net
rmol news logo Sosok Menteri BUMN, Erick Thohir belakangan menjadi magnet bagi bakal calon presiden yang akan bertarung di 2024.

Menurut pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, Erick memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan kandidat bakal cawapres lain.

Namun, sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI itu perlu menimbang secara cermat dalam memilih pasangan capres yang ada saat ini.

Bagi Jamiluddin, Erick lebih cocok bersanding dengan bacapres Gerindra, Prabowo Subianto dibandingkan dengan bacapres PDIP, Ganjar Pranow.

“Erick Thohir lebih pas dipasangkan dengan Prabowo Subianto,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Kamis (22/6).

Menurut Jamiluddin, Erick punya modal utama untuk memenangkan kontestasi. Modal pertama, elektabilitas Erick terus menunjukkan tren meningkat. Modal kedua, Erick punya capital lebih dari cukup untuk mengarungi kampanye pilpres.

“Suka tidak suka, pilpres membutuhkan dana sangat besar. Bagi Erick tentu hal itu bukan masalah yang berarti,” kata Jamiluddin.

Kemandirian capital sangat diperlukan agar capres dan cawapres tidak masuk dalam cengkraman oligarki. Dengan begitu, kata dia, kemandirian pasangan capres lebih terjaga bila nantinya terpilih dalam Pilpres.

Di sisi lain, Erick kurang cocok jika disandingkan dengan bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. Elektabilitas Erick memang mengalami peningkatan, namun sebaliknya, Ganjar cenderung statis, bahkan ada indikasi menurun.

“Kalau tren itu terus terjadi, maka peningkatan elektabilitas Erick tidak akan menolong penurunan elektabilitas Ganjar. Karena itu, kalau Erick mendampingi Ganjar peluang menang relatif lebih kecil,” demikian Jamiluddin.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA