Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cerdik Pilih Isu, Kunci Sukses Bacapres Dongkrak Elektabilitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 03 Juni 2023, 13:20 WIB
Cerdik Pilih Isu, Kunci Sukses Bacapres Dongkrak Elektabilitas
Kolase Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan/Net
rmol news logo Keterikatan bakal calon presiden terhadap isu-isu kepentingan publik menjadi kunci pengdongkrak elektabilitas jelang pemilihan presiden yang dijadwalkan berlangsung Februari 2024.

Untuk itu, Bacapres yang ada saat ini perlu meramu isu dan bekerja ekstra di 8 bulan tersisa sebelum hari pemungutan suara.

"Delapan bulan lagi (mendekati Pilpres), banyak kemungkinan yang akan membuat perubahan dari hasil survei. Mungkin hari ini Prabowo, Ganjar, dan Anies (unggul versi survei), itu bisa berubah nanti," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (3/6).

Dia memaparkan, isu-isu yang menyentuh kepentingan publik secara langsung di antaranya soal kenaikan harga, kesejahteraan pekerja atau buruh, hingga masalah pendidikan.

Sebaliknya, isu-isu politik dan hukum seperti dugaan korupsi, bisa menurunkan elektabilitas Bacapres, dan berdampak pada menurunya hasil survei.

"Kecuali ada isu-isu yang cukup penting ke depannya, sehingga mengubah konsolidasi politik. Perlu diperhatikan pula, ada ruang-ruang (isu) yang bisa membuat Bacapres terbawa," lanjut Arifki.

Meski begitu, Arifki enggan berkomentar panjang terkait elektabilitas Bacapres berdasarkan hasil survei belakangan ini. Ia yakin, seiring berjalannya waktu, hasil akan berubah, mendekati hari pemungutan suara.

"Ini (survei) juga akan terus berkembang ke depannya," tutup Arifki.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA