Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tujuh WNA Ikut dalam Evakuasi Tahap Kedua KBRI Khartoum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 27 April 2023, 01:49 WIB
Tujuh WNA Ikut dalam Evakuasi Tahap Kedua KBRI Khartoum
Proses evakuasi tahap kedua KBRI Khartoum di kota Port Sudan pada Rabu, 26 April 2023/Ist
rmol news logo Proses evakuasi tahap kedua yang dilakukan Kedutaan Besar RI di Khartoum, Sudan, tidak hanya berhasil membawa ratusan WNI melainkan juga beberapa warga negara asing di dalamnya.

Laporan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, terdapat tujuh WNA yang ikut serta dalam evakuasi tahap kedua bersama 328 WNI yang menempuh perjalanan darat menuju Kota Port Sudan dan telah tiba di sana pada Rabu (26/4).

"Selain WNI, evakuasi tahap kedua ini kita juga membawa 7 WNA, yaitu enam warga negara Australia dan satu warga negara Sudan," ujar Retno dalam sebuah pernyataan.

Retno menjelaskan bahwa evakuasi tahap kedua ini sebagian besar diikuti oleh mahasiswa dan pekerja migran Indonesia bersama keluarga, serta seorang tenaga profesional penerbangan.

Jika evakuasi tahap pertama dipimpin langsung oleh Dubes RI Khartoum, evakuasi yang kedua dikatakan Retno telah dipimpin oleh 4 staf KBRI.

Untuk jalur evakuasi yang ditempuh, Retno mengatakan masih sama dengan rute pertama.

"Mereka menggunakan 7 buah bus dan menempuh perjalanan yang sama dengan evakuasi tahap pertama yaitu dari Kota Khartoum melewati Atbara, kemudian kota Sawakin, dan kemudian ke Kota Port Sudan menuju Jeddah," paparnya.

Retno kemudian merinci bahwa total warga yang berhasil dievakuasi secara keseluruhan mencapai 897 orang.

Jumlah itu tidak termasuk 15 WNI yang melakukan evakuasi mandiri dan mereka yang sudah ada di Indonesia karena mudik atau menjalankan umrah ke Arab Saudi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA